Matcha bisa meredam kecemasan, ini penjelasan ilmiahnya

Matcha bisa meredam kecemasan, ini penjelasan ilmiahnya
foodrevolution.org

Brilio.net - Teh bubuk hijau atau matcha kini tengah menjadi tren di dunia kuliner. Berbagai jenis minuman dan camilan kini memiliki varian rasa matcha. Warna hijaunya yang segar dan rasanya yang khas menjadi alasan matcha banyak digemari oleh banyak orang.

Tapi tahukah kamu, selain rasanya yang lezat, matcha juga memiliki manfaat bagi kesehatan yang masih jarang diketahui orang. Dilansir brilio.net dari liputan6.com, Selasa (16/7), matcha menyimpan manfaat kesehatan terutama dalam meredakan kecemasan.

Fakta tersebut didukung oleh sebuah penelitian ilmiah yang dipublikasikan dalam Journal of Functional Foods. Studi yang dilakukan terhadap tikus itu menemukan temuan bahwa perilaku kecemasan pada hewan pengerat itu menurun setelah mereka mengonsumsi bubuk atau ekstrak matcha.

Para peneliti mengatakan, teh asal Jepang tersebut memiliki efek menenangkan pada reseptor dopamin dan serotonin yang aktif ketika suatu makhluk mengalami kecemasan.

"Meskipun diperlukan penelitian epidemiologis lebih lanjut, hasil dari studi kami menunjukkan bahwa matcha yang telah digunakan sebagai bahan pengobatan selama bertahun-tahun, kemungkinan besar sangat bermanfaat bagi tubuh manusia," ucap Yuki Kurauchi dari Kumamoto University, Jepang dikutip dari Times of India.

Lebih lanjut, Kurauchi berharap penelitiannya tersebut bisa terus dikembangkan guna mengetahui manfaat lain matcha untuk kesehatan.

"Kami berharap penelitian kami akan matcha bisa memberi manfaat kesehatan bagi dunia," pungkas Kurauchi.

(brl/red)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya