Ini yang harus diperhatikan orang tua agar anak sehat, wajib tahu nih

Ini yang harus diperhatikan orang tua agar anak sehat, wajib tahu nih

Brilio.net - Siapa sih yang nggak ingin anaknya selalu sehat? Hal itu pasti menjadi keinginan semua orang tua. Tapi bukan perkara gampang lho untuk memperhatikan tumbuh kembang anak. Paling tidak para orang tua mesti tahu betul pola makan sang buah hati.

Terlebih anak di masa pertumbuhan dan usia sekolah, biasanya anak-anak sangat aktif. Karena itu, orang tua mesti memperhatikan asupan nutrisi yang tepat. Hal ini untuk membantu sang anak fokus dan aktif serta sehat.

Ini yang harus diperhatikan orang tua agar anak sehat, wajib tahu nih

Nah, gizi apa saja ya yang dibutuhkan anak usia sekolah? Menurut ahli gizi Jansen Ongko, zat gizi mikro seperti zink, zat besi, vitamin B dan C sangat dibutuhkan anak-anak usia sekolah. Itu menjadi energi dalam menjalankan kegiatan serta mendukung fokus anak ketika belajar dan membantu memperkuat ketahanan tubuh.

“Minimal zat besi yang dibutuhkan 10 mg dan zink 11 mg agar kebutuhan hariannya terpenuhi,” ujar Jansen dalam peluncuran Minute Maid Nutriforce di Jakarta, Selasa (28/11).

Jika anak kekurangan zat besi akan berpotensi mengalami anemia yang merupakan suatu keadaan ketika jumlah sel darah merah atau konsentrasi pengangkut oksigen dalam darah (Hb). Berdasarkan catatan Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2013, sebanyak 26,4% anak usia 5 tahun hingga 12 tahun menderita anemia gizi.

Ini yang harus diperhatikan orang tua agar anak sehat, wajib tahu nih

“Kalau anak mengalami anemia, pertumbuhannya tidak akan optimal, ditambah lagi akan menjadi mudah sakit, merasa letih.Parahnya lagi mereka juga mempunyai ekspektasi usia pendek mengingat organ tidak tumbuh dengan baik akibat anemia,” jelasnya.

Sedangkan Psikolog Anak dan Keluarga, Roslina Verauli menjelaskan, sejumlah studi menunjukkan, kualitas protein, vitamin, dan mineral pada makanan berkorelasi dengan baik terhadap perkembangan kognitif anak usia sekolah.

“Setidaknya ada tiga faktor yang harus diperhatikan pada anak usia sekolah yakni fokus, aktivitas dan ketahanan tubuh. Tiga hal ini sangat berkaitan dengan performa anak di sekolah,” jelas Roslina.

Ini yang harus diperhatikan orang tua agar anak sehat, wajib tahu nih

Apalagi anak-anak zaman sekarang memiliki banyak tuntutan, seperti prestasi di sekolah, aktif di luar sekolah dan sosial pertemanan. “Dengan begitu besar tuntutan mereka, sangat dibutuhkan kecukupan nutrisi agar mereka bisa nyaman menjalankan peran anak usia sekolah,” ucap Roslina.

Karena itu dia mengajak para orang tua tak sekadar memerintah anak untuk makan makanan yang sehat, akan tetapi memfasilitasi anak dengan menyediakan makanan sehat.

Salah satunya adalah Minute Maid Nutriforce yang merupakan inovasi terbaru dari Minute Maid, yang mengandung 11 kebaikan gizi bermanfaat untuk membantu memenuhi sepertiga kebutuhan nutrisi harian anak.

Ini yang harus diperhatikan orang tua agar anak sehat, wajib tahu nih

“Orang tua kini memiliki lebih banyak pilihan untuk asupan minuman yang diberikan kepada anaknya, kini dilengkapi vitamin dan mineral yang baik untuk tubuhnya”,tutup Marketing Manager Minute Maid Andrew Soendjojo.

(brl/red)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya