Jangan asal, begini 7 cara mencuci alat masak berbahan tanah liat agar tak mudah rembes

Jangan asal, begini 7 cara mencuci alat masak berbahan tanah liat agar tak mudah rembes
foto: YouTube/Claypot Cooking Indonesia

Brilio.net - Menggunakan alat masak yang terbuat dari tanah liat barangkali sudah jarang ditemui. Pasalnya, kini sudah banyak orang yang beralih ke alat masak berbahan stainless steel, aluminium, cast iron, atau bahkan silikon. Bukan tanpa alasan, alat masak tersebut memang lebih mudah didapat dibandingkan alat masak dari tanah liat atau gerabah.

Walaupun begitu, sebagian orang, terutama yang tinggal di pedesaan masih memilih menggunakan gerabah untuk memasak. Pasalnya, hasil masakan yang dibuat dengan alat masak gerabah ini dianggap cenderung lebih lezat, lho. Selain itu, memasak dengan gerabah juga dapat membantu mempertahankan sebagian nutrisi dalam masakan, sehingga makanan yang disajikan jauh lebih sehat.

Nah, jika kamu baru ingin mencoba menggunakan alat masak dari tanah liat ini, kamu perlu tahu bahwa gerabah memiliki cara perawatan khusus, lho. Pasalnya gerabah bisa dengan mudah rembes dan retak saat digunakan untuk memasak. Lantaran dibuat dari tanah liat, jadi air bisa dengan mudah meresap ke dalam lapisan gerabah dan membuat masakan yang dimasak bocor (terutama masakan berkuah). Hal ini kemudian membuat gerabah jadi retak atau bahkan pecah.

Supaya terhindar dari hal tersebut, kamu perlu mengetahui cara merawat gerabah, terutama pada saat proses mencucinya. Pasalnya, proses pencucian ini sangat berpengaruh pada keawetan gerabah yang digunakan. Jika dicuci dengan benar, gerabah bisa terbebas dari rembes dan retak. Oleh karena itu, untuk mencuci gerabah tersebut perlu cara khusus.

Jika masih bingung, kamu bisa meniru cara mencuci gerabah yang dipaparkan oleh channel YouTube 'Claypot Cooking Indonesia'. Dalam salah satu video yang diunggahnya, pemilik channel tersebut memperlihatkan cara mencuci gerabah sebagai bagian dari perawatannya. Menurutnya, cara ini bisa membuat gerabah lebih tahan lama saat digunakan.

"Agar gerabah awet, tidak rembes dan tidak mudah retak saat digunakan untuk memasak," terang YouTube/Claypot Cooking Indonesia.

Untuk mengetahuinya lebih lanjut, yuk langsung simak ulasan BrilioFood dilansir dari YouTube/Claypot Cooking Indonesia pada Rabu (21/12).

(brl/mal)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya