Jangan asal, begini trik ampuh meniriskan minyak berlebih pada gorengan

Jangan asal, begini trik ampuh meniriskan minyak berlebih pada gorengan
TikTok/@libahchannel

Brilio.net - Ada banyak jenis gorengan yang dijadikan sebagai camilan atau lauk pauk. Biasanya gorengan ini terbuat dari bahan dasar tepung. Penggunaan tepung yang dijadikan sebagai adonan ini nantinya bisa menghasilkan tekstur renyah dan krispi setelah digoreng.

Sayangnya, adonan tepung juga membuat gorengan cenderung menyerap banyak minyak dan lemak jenuh, lho. Tingginya kandungan lemak ini akan membuat gorengan jadi makanan yang kurang menyehatkan, nih. Dilansir dari goodrx.com, terlalu sering makan gorengan dapat meningkatkan risiko sakit jantung dan berbagai penyakit kronis lain.

Lantas, untuk mengurangi minyak berlebih pada gorengan, sebagian orang biasanya akan meniriskannya. Dengan ditiriskan, akan membuat minyak lebih luruh dan gorengan pun semakin aman dikonsumsi.

Tapi tahu nggak sih, meniriskan minyak pada gorengan ini nggak boleh sembarangan, lho. Jika kurang tepat, minyak justru bisa menumpuk di satu bagian, alias nggak bisa luruh.

Untuk mencegah hal tersebut, kamu bisa meniru sebuah trik yang dibagikan oleh video TikTok akun @libahchannel. Dalam unggahannya tersebut, dia terlihat akan meniriskan minyak pada samosa yang sudah digoreng. Bukan pakai mesin, saringan stainless steel, atau spinner, dia justru menggunakan alat yang dia buat sendiri.

(brl/lut)
Advertising
Advertising
SELENGKAPNYA
SELENGKAPNYA