Jangan asal, ini 7 cara merebus daun sirih untuk dikonsumsi

Jangan asal, ini 7 cara merebus daun sirih untuk dikonsumsi
foto: TikTok/@apt.ketyaqsa

Brilio.net - Daun sirih termasuk jenis tanaman obat yang memiliki banyak sekali manfaat. Dilansir dari ncbi.nlm.nih.gov, daun sirih kerap digunakan sebagai stimulan, antiseptik, dan penyegar napas. Selain itu, mengonsumsi daun sirih juga berpotensi membantu menurunkan kadar gula darah, lho.

Cara paling mudah untuk merasakan khasiat daun sirih adalah dengan merebus dan meminum airnya. Air rebusan daun sirih ini kerap dijadikan sebagai obat herbal sejak lama. Mengonsumsi air daun sirih yang hangat bisa meredakan batuk dan mengatasi peradangan.

Namun tahu nggak sih? Merebus daun sirih ini pada dasarnya nggak boleh sembarangan, lho. Salah-salah, kandungan nutrisi pada daun sirih justru bisa hilang begitu saja. Hal ini pernah dijelaskan oleh seorang Apoteker bernama Ketyaqsa di TikTok.

"Daun sirih ini khasiatnya ada di minyak atsiri. Dan ini bakalan hilang kalau di pemanasan lama dan tinggi. Apalagi blebek-blebek (perebusan sampai mendidih)," terangnya di TikTok @apt.ketyaqsa.

Menanggapi hal tersebut, dia pun menjelaskan cara yang lebih tepat dalam merebus daun sirih. Proses ini akan membuat kandungan di minyak atsiri daun sirih bisa keluar dengan maksimal. Dengan begitu, air rebusan daun sirih pun memiliki nutrisi yang sangat tinggi.

Dilansir BrilioFood dari TikTok @apt.ketyaqsa pada Selasa (14/2), berikut cara merebus daun sirih untuk dikonsumsi.

(brl/tin)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya