Jangan asal, ini trik ampuh mengasah pisau roti yang sudah tumpul

Jangan asal, ini trik ampuh mengasah pisau roti yang sudah tumpul
YouTube/korvid

Brilio.net - Pisau dapur biasanya memiliki berbagai macam jenis. Salah satunya adalah pisau roti yang bentuknya bergerigi. Pisau bergerigi bisa mempermudah proses pemotongan roti kering maupun lembut tanpa membuat bagian dalamnya hancur.

Bentuk gerigi pada mata pisaunya cenderung tipis. Bentuk gerigi ini berguna untuk memotong makanan yang memiliki tekstur berbeda pada bagian luar dan dalamnya. Misalnya roti dan tomat yang bagian luarnya keras, sedangkan bagian dalamnya lunak.

Seperti pisau pada umumnya, mata pisauroti ini juga bisa tumpul jika berulang-ulang digunakan. Sayangnya, pisau roti ini cukup sulit diasah, nih. Pasalnya, bentuk mata pisau roti yang bergerigi ini bisa berubah jika diasah dengan cara yang sama seperti pisau lainnya.

Pisau roti yang bergerigi ini memang sebaiknya jangan diasah dengan batu asahan (untuk pisau biasa). Biar lebih aman, sebagian orang biasanya akan menggunakan pengasah pisau yang bentuknya panjang. Bentuknya yang menyerupai tongkat memang mempermudah proses pengasahan pisau roti yang bergerigi.

Namun tentu saja tidak semua orang memiliki pengasah pisau khusus seperti itu. Nah, sebagai gantinya, kamu bisa menggunakan alat lain seperti amplas. Cara mengasah pisauroti dengan ampas ini pernah dibagikan oleh salah satu pengguna YouTube bernama Korvid.

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya