Jangan asal olah, ini cara memasak okra agar tidak berlendir

Jangan asal olah, ini cara memasak okra agar tidak berlendir
foto: pexels.com

Brilio.net - Okra atau yang lebih dikenal dengan nama lady finger merupakan salah satu sayuran yang mudah ditemui di Indonesia. Pasalnya, okra akan tumbuh baik di daerah beriklim tropis dan hangat. Kebanyakan orang mengolah sayuran hijau ini menjadi lalapan, tumisan, oseng-oseng, maupun sebagai campuran sambal.

Selain rasanya yang lezat, sayuran ini juga kaya akan manfaat, lho. Dilansir dari healthline.com, okra mengandung protein, kalium, vitamin A, C, hingga K yang dipercaya mampu menjaga kesehatan tubuh dan mengatasi berbagai jenis penyakit. Dengan manfaat yang cukup banyak, tentunya sangat disayangkan jika okra dilewatkan begitu saja.

Meskipun begitu, masih banyak orang yang berpikir dua kali untuk mengolahnya. Hal ini disebabkan karena okra memiliki bulu-bulu halus pada seluruh permukaan kulitnya. Tak hanya itu, jika tidak diolah dengan cara yang benar, okra juga akan mengeluarkan lendir saat dimasak.

Banyak orang beranggapan bahwa lendir pada okra akan menghilang jika merebusnya dalam waktu yang lama. Ternyata anggapan tersebut justru salah kaprah, lho. Meskipun lendirnya berkurang, namun tekstur okra menjadi tidak renyah kembali saat dikonsumsi. Gizi dan nutrisi di dalamnya juga bisa ikut larut pada air rebusan.

(brl/mal)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya