Jangan langsung dibuang, ini cara bikin permen dari kulit semangka

Jangan langsung dibuang, ini cara bikin permen dari kulit semangka
TikTok/@dapurmar_

Brilio.net - Semangka termasuk salah satu buah tropis dengan kandungan air dan gizi tinggi. Dilansir dari medicalnewstoday.com, semangka sangat tinggi antioksidan dan serat yang manfaatnya banyak sekali untuk kesehatan. Mulai dari mencegah dehidrasi, melawan pertumbuhan sel kanker, menyehatkan jantung, mengurangi inflamasi, menjaga kulit tetap sehat, dan masih banyak lagi.

Di Indonesia sendiri, buah semangka identik dijadikan hidangan penutup. Misalnya ketika ada acara seperti ulang tahun, pernikahan, syukuran rumah baru, tasyakuran, dan lain-lain. Pasalnya, selain segar, ukuran buah semangka yang lumayan besar dapat dipotong-potong lalu disajikan ke banyak orang.

Nah, usai menyantap semangka, sisa kulitnya biasanya dibuang begitu saja, bukan? Tahu nggak sih kalau kulit semangka sebenarnya bisa dimanfaatkan kembali menjadi makanan lezat?

Usut punya usut, kulit semangka juga dapat diolah jadi permen, lho. Olahan kulit semangka ini dikenal pula dengan sebutan yupi atau manisan.

Salah seorang pengguna TikTok @dapurmar_ membagikan cara memanfaatkan kembali sisa kulit semangka yang mudah banget untuk ditiru.

Dilansir BrilioFood pada Senin (25/7), pemilik akun TikTok/@dapurmar_ yang sudah punya lebih dari ratusan ribu followers ini memakai dua langkah atau cara masak, yakni direbus dan dipanggang.

Semula, sisa kulit semangka harus dibersihkan terlebih dahulu agar tetap higienis. Kemudian kupas kulit buah semangka terluar yang berwarna hijau tua sampai bersih. Bagian kulit semangka hijau tua tersebut harus dipisah lantaran teksturnya terlalu keras. Setelah itu iris tipis dan taruh di mangkuk.

Jangan langsung dibuang, ini cara bikin permen dari kulit semangka

foto: TikTok/@dapurmar_

Ia pun menambahkan gula sekitar dua sampai tiga sendok makan. Proses ini penting banget biar kulit semangka jadi lebih manis dan lebih cepat mengeluarkan air dari kulit. Selanjutnya aduk pakai tangan sambil diremas-remas sampai keseluruhan kulit dan gula tercampur rata. Kemudian diamkan selama 15 menit sampai airnya keluar.

Jangan langsung dibuang, ini cara bikin permen dari kulit semangka

foto: TikTok/@dapurmar_

Saat sudah 15 menit, aduk dengan sendok sebentar saja. Proses selanjutnya, rebus menggunakan teflon antilengket. Tak perlu menambahkan air lagi, karena kulit semangka sudah mengeluarkan air dengan sendirinya. Memasak kulit semangka ini membutuhkan waktu beberapa menit sampai warna kulit jadi lebih gelap dan sisa airnya habis.

Jangan langsung dibuang, ini cara bikin permen dari kulit semangka

foto: TikTok/@dapurmar_

Biar kulit semangka semakin kering, teksturnya berhasil jadi permen, dan lebih awet nantinya saat disimpan, pemilik akun TikTok/@dapurmar_ juga memanggangnya di oven. Usai permen kulit semangka disusun satu persatu di atas loyang, ia pun memanggangnya selama 20 menit di suhu 180 derajat celcius. Setelah matang, permen dari kulit semangka bisa disimpan di toples maupun langsung dinikmati.

Jangan langsung dibuang, ini cara bikin permen dari kulit semangka

foto: TikTok/@dapurmar_

Permen dari sisa kulit semangka ini bisa jadi jalan ninja buat penggemar camilan yang ingin menghemat budget, lho. Melalui video yang ia unggah, menuai berbagai komentar termasuk.

"setau saya kulit markisa juga bisa, dulu prakarya pernah buat ," ujar TikTok/@Nailmartt_.

"tapi jangan pake semangka gigitan orang hajatan ya bunda²," tulis TikTok/@Nayla.

"ini dulu tgs karya ilmiah kuu sma dulu, olah bahan sisa jd produk jadiii aaa enak bgt ini benerann," komentar TikTok/@baby.

"jaman kek gini kita memang dilatih untuk menjadi pemakan segala," ucap TikTok/@••.

"wahhh oke nih jadi ga mubazir ," kata pemilik akun TikTok/@Waraokta bukan Wara Wiri .

@dapurmar_ Kulit Semangka bisa dijadikan Yupi ? #foodie #food #fyp #fyp #makanan #makanantime #makananviral #makananunik Monkeys Spinning Monkeys - Kevin MacLeod & Kevin The Monkey

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya