Jangan sampai kalap, 9 makanan khas Natal ini ternyata tinggi kolesterol

Jangan sampai kalap, 9 makanan khas Natal ini ternyata tinggi kolesterol
foto: Pexels/Nicole Michalou

Brilio.net - Setiap bulan Desember, biasanya dekorasi di sejumlah tempat publik diubah jadi pernak-pernik berkilau, pohon cemara, dan lain-lain khas Hari Natal. Lagu-lagu khas Natal juga sering diputar di mana-mana. Nah, saat natal, pastinya identik pula dengan perayaan tukar kado, berkumpul bersama seluruh keluarga, juga makan aneka hidangan bersama.

Ngomong-ngomong soal hidangannya, ada sejumlah makanan khas Natal yang jadi andalan orang-orang, lho. Beberapa hidangan khas Natal ini antara lain ada berbagai kue, olahan daging sapi, ayam, permen, dan masih banyak lagi. Momen Natal memang pas banget buat bisa makan apa saja yang dihidangkan di meja makan, tetapi bukan berarti kalap dan tidak memperhatikan asupan yang masuk dalam tubuh.

Dilansir dari betterhealth.vic.gov.au, makan sembarangan, apalagi saat perayaan hari besar, bisa menyebabkan berbagai permasalahan kesehatan, salah satunya kolesterol yang naik. Biasanya, kolesterol naik disebabkan terlalu banyak makan makanan tinggi lemak. Kolesterol bisa naik tanpa disadari sama sekali, lho. Oleh karena itu, penting untuk menyantap makanan dalam porsi sewajarnya.

Dilansir dari mayoclinic.org, kolesterol naik yang membuat lemak jahat menumpuk di dalam tubuh bisa berisiko mengganggu peredaran darah, menyebabkan serangan jantung, menyebabkan stroke, mengganggu kerja jantung dan ginjal, dan masih banyak lagi risiko lainnya. Meski terlihat lezat dan menggugah selera, namun ternyata deretan makanan khas Natal ini mengandung tinggi kolesterol yang bisa berbahaya bagi tubuh jika dikonsumsi berlebihan.

Penasaran apa saja? Berikut sembilan makanan khas Natal yang mengandung kolesterol tinggi, dilansir BrilioFood dari berbagai sumber pada Sabtu (24/12).

(brl/mal)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya