Jangan sampai salah, ini 5 cara membedakan gula aren asli dan palsu

Jangan sampai salah, ini 5 cara membedakan gula aren asli dan palsu
foto: YouTube/rusyadi mie; freepik.com

Brilio.net - Gula aren merupakan jenis gula yang terbuat dari nira pohon aren atau enau. Dibandingkan gula merah dan gula batok, gula aren ini dikenal memiliki rasa manis yang lebih enak. Meskipun begitu, indeks glikemik gula aren cenderung lebih rendah dibandingkan pemanis lainnya.

Karena sejumlah kelebihan tersebut, gula aren biasanya memiliki harga yang lebih mahal dibandingkan gula merah atau pemanis lainnya. Sayangnya beberapa pedagang yang nakal justru memanfaatkan hal tersebut untuk menjual gula aren palsu atau campuran. Sebagian pedagang ini kerap mematok harga tinggi untuk menjual gula aren palsu yang sudah dicampur dengan gula pasir dan air.

Biar nggak mudah terkecoh, kamu harus tahu cara membedakan gula aren asli dan palsu. Gula aren asli sendiri memang memiliki sejumlah ciri-ciri tertentu, mulai dari bentuk, tekstur, warna, hingga aroma yang khas. Penting untuk mengetahui ciri-ciri tersebut supaya tidak salah dalam memilih gula aren asli.

Jika masih bingung, kamu bisa meniru cara membedakan gula aren yang pernah dibagikan oleh warganet YouTube bernama Rusyadi. Melalui salah satu unggahannya, dia menjelaskan tentang cara membedakan gula aren asli dan palsu. Dalam video tersebut, Rusyadi sendiri memberikan contoh gula aren asli dari Lebak, Banten, dan gula aren campuran (palsu).

"Ini itu gula aren dari Lebak, Banten. Ciri khasnya (gula aren dari Lebak) ini bentuknya diikat per hulu," terang Rusyadi dikutip dari YouTube rusyadi mie.

(brl/tin)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya