Jarang diketahui, ini 3 jenis bawang bombay dan perbedaannya

Jarang diketahui, ini 3 jenis bawang bombay dan perbedaannya
foto: Instagram/@mdrproject_

Brilio.net - Bawang bombay memiliki nama latin Allium Cepa Linnaeus. Bawang ini bentuknya bulat dan cenderung lebih besar jika dibandingkan dengan bawang lainnya. Selain itu, aroma yang dihasilkan oleh bawang bombay pun cukup kuat, sehingga bisa menambah aroma lezat pada masakan.

Bawang bombay nggak hanya bisa dijadikan bumbu masakan, lho. Banyak pula yang membuatnya menjadi camilan seperti onion ring. Selain nikmat, manfaatnya juga sangat baik untuk kesehatan.

Bawang bombay diketahui bisa membantu mengobati jerawat, menjaga kesehatan tulang, jantung, dan sistem pencernaan, mencegah diabetes, meningkatkan imun tubuh, mengurangi risiko kanker, dan masih banyak lagi.

Tahukah kamu kalau bawang bombay memiliki berbagai jenis? Berikut tiga jenis bawang bombay dan perbedaannya yang jarang diketahui, seperti dilansir Brilio Food dari berbagai sumber pada Kamis (24/6).


1. Bawang bombay kuning atau cokelat.

Jarang diketahui, ini 3 jenis bawang bombay dan perbedaannya

foto: freepik.com

Kalau bawang bombay yang satu ini memang umum digunakan di Indonesia. Bentuknya bulat atau terkadang sedikit lonjong. Bawang bombay ini pun memiliki kulit tipis berwarna cokelat yang mudah dikupas. Bawang satu ini biasanya dicampurkan ke bahan masakan sebagai bumbu maupun diolah menjadi onion ring.


2. Bawang bombay putih manis.

Jarang diketahui, ini 3 jenis bawang bombay dan perbedaannya

foto: Instagram/@peppercorns_abhinanda

Bawang bombay putih manis ini dikenal juga dengan sebutan sweet onion. Perbedaannya dengan bawang bombay kuning atau cokelat bisa dlihat melalui warnanya. Bawang bombay ini memiliki warna yang cenderung lebih cerah, yaitu putih kekuning-kuningan.

Aromanya pun lebih kuat dan bentuknya biasanya lebih bundar. Bawang ini memiliki rasa manis dan segar, biasanya digunakan sebagai campuran salad maupun dimasak bersama saus salsa.


3. Bawang bombay merah.

Jarang diketahui, ini 3 jenis bawang bombay dan perbedaannya

foto: freepik.com

Masih ada lagi bawang bombay dengan warna yang berbeda, yakni bawang bombay merah atau red onion. Sesuai namanya, warna bawang ini adalah merah keunguan. Sekilas memang mirip dengan bawang merah, tetapi ukurannya jauh lebih besar. Rasanya pun lebih kuat jika dibandingkan dengan bawang merah. Biasanya bawang bombay satu ini disajikan mentah pada burger, salad, maupun pizza.

(brl/mal)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya