Kopi Darat, acara ini bantu barista memperkaya kreasi racikan kopi  

15 / 12 / 2021 19:30 WIB Yani Andriansyah
Kopi Darat, acara ini bantu barista memperkaya kreasi racikan kopi  
foto-foto : Dok Matchamu

Brilio.net - Saat ini bukan rahasia lagi jika banyak anak muda menggeluti bisnis kedai kopi. Bukan sekadar membuka kedai, mereka juga belajar meracik beragam minuman kopi dengan menjadi barista. Menariknya, ada yang belajar secara khusus, tapi nggak sedikit juga yang otodidak.

Untuk menemukan racikan kreasi menu tersebut tentu saja dibutuhkan inovasi. Nah baru-baru ini ada kolaborasi menarik antara PT Matcha Muda Manggala melalui merek Matchamu dengan Indomilk (PT Indolakto). Mereka menggelar acara Kopi Darat bertajuk Mixology 101 di dua kota yakni Bali (Praya Social Hub) dan Yogyakarta (Dongeng Kopi).

Pebisnis food n beverage (FnB) sekarang sarat akan kreasi resep untuk terus menghadirkan rasa baru guna pengembangan bisnis dan meningkatkan kepuasan pelanggan, ujar Lintang Wuriantari, co-founder Matchamu.

Kopi Darat  2021 brilio.net

Kegiatan ini melibatkan dua barista yakni Restu Sadam, Champion ILAC 2021 yang menjadi mentor Kopi Darat untuk chapter Bali dan Raden Ramo, barista dan kreator konten yang menjadi mentor Kopi Darat chapter Yogyakarta.


Kami melihat, tren kopi dan minuman di kedua wilayah ini masih tertinggal dibanding Jakarta, masih terpaku pada varian latte atau manual brew. Untuk itu perlu edukasi atau sesi berbagi pengetahuan, imbuh Lintang.

Dalam, acara ini, para tamu bisa langsung menyaksikan pembuatan minuman secara langsung. Mereka pun bisa langsung menyicipi, serta memastikan apakah kreasi yang dibuat para barista cocok untuk bisnisnya.

6 Menu dua barista

Kopi Darat  2021 brilio.net

Oh iya, dalam kegiatan ini, Restu menghadirkan 3 kurasi menu berbalut Japanese Series, varian terbaru Matchamu, berpadu dengan Fresh Milk Indomilk untuk sajian dingin. Ketiga menu tersebut ialah Humble Monkey, padu padan dark chocolate Matchamu, ginger syrup, dan sedikit hint manisnya banana powder Matchamu, ditembak dengan frothed Fresh Milk Indomilk.

Lalu ada Purple Cumbu yang merupakan paduan umbi taro Matchamu, dipadan dengan sedikit lavender tea untuk aroma yang relaxing, dan frothed Fresh Milk Indomilk. Kemudian Pink Caffeine, sensasi sakura yang lembut dan manis, bertemu clarified Fresh Milk Indomilk, ditopping dengan soda espresso yang segar.

Sementara di Jogja, Ramo juga menghadirkan 3 kurasi menu fusion Javanese-British-Japanese style beverages yakni Wedang Culture, paduan hojicha Matchamu, sirup jahe, sirup caramel, ditopping dengan Fresh Milk Indomilk dan whipped cream. Selain itu ada Flos Hortus, kurasi matcha, gula kelapa, dan espresso shaken. Di topping dengan Fresh Milk Indomilk, whipped cream dan garnish bunga seperti judul menunya, Flos Hortus, taman bunga. Menu ketiga adalah Kuriaga Utsukushi, new style V60 coffee dengan gula kelapa, sakura powder Matchamu sebagai base-nya, serta topping sakura whipping cream yang cantik dan feminin.

Acara Kopi Darat akan digelar kembali pada 18 Desember 2021. Mengusung tema Creating Appetizing Beverages, Matchamu dan Indomilk acara ini bisa menjadi forum diskusi rutin bulanan antar barista, roaster dan pelaku bisnis FnB di berbagai kota.

(brl/red)
SELENGKAPNYA

Video

  • Klappertaart Tanpa Oven

    23 / 05 / 2022 10:02
SELENGKAPNYA
SELENGKAPNYA