Masakan rumahan 5 presenter ini bisa jaga berat badan tetap seimbang

13 / 11 / 2021 15:32 WIB Shahfara Raida
Masakan rumahan 5 presenter ini bisa jaga berat badan tetap seimbang
Instagram/@tikeprie

Brilio.net - Menjadi publik figur, membuat sebagian seleb fokus menjaga penampilan dan kesehatan. Namun siapa sangka beberapa di antara presenter Indonesia sempat mengalami kenaikan berat badan dan jauh lebih berisi.

Sejumlah presenter pun mulai mengubah pola hidup jadi lebih sehat. Terutama, pada makanan yang dikonsumsi sehari-hari. Mereka melakukan diet dengan lebih banyak mengonsumsi bahan makanan sehat. Cara ini terbukti ampuh bikin tubuh langsing dan berat badan tetap seimbang, lho.

Dewi Hughes misalnya, ia berhasil menurunkan bobot hingga 90 kg hanya dalam waktu 15 bulan dengan cara menjaga pola makan. Selain fokus pada bahan sehat, Dewi Hughes serta presenter lainnya juga kerap memasak sendiri menu dietnya, lho.

Berikut masakan rumahan lima presenter yang bisa jaga berat badan tetap seimbang, dilansir BrilioFood dari berbagai sumber pada Sabtu (13/11).

1. John Martin - tumis bayam tanpa minyak.

Masakan rumahan 5 presenter ini bisa jaga berat badan tetap seimbang

foto: Instagram/@itsjohnmartint

Sempat menjalani isolasi mandiri lantaran terpapar Covid-19 pada Juli 2021, membuat John Martin mengalami kenaikan berat badan. Setelah sembuh, ia memutuskan menjaga pola makan agar bobotnya kembali ideal. Ia rutin mengonsumsi makanan bernutrisi, terutama sayur dan buah.

"Tiap sesi makan, usahakan harus ada karbohidrat, protein, vitamin/mineral, & lemak," tulisnya di Instagram Stories.

Menurut mealenders.com, sayur bayam cocok untuk diet karena rendah kalori dan tinggi nutrisi. John Martin memasak bayam dengan cara ditumis tanpa minyak sama sekali, lho.

Dilansir dari lettucevegout.com, memasak tanpa minyak bermanfaat untuk diet karena bisa membantu penyerapan nutrisi jadi lebih baik serta tak ada lemak jenuh yang masuk ke tubuh.

2. Robby Purba - dessert alpukat.

Masakan rumahan 5 presenter ini bisa jaga berat badan tetap seimbang

foto: Instagram/@robbypurba

Menu makanan diet Robby Purba kebanyakan dibuat dari buah alpukat. Dikutip dari healthline.com, alpukat cocok untuk diet karena tinggi potassium dan serat yang bisa membantu menurunkan berat badan.

"Kalau diet makan buah apa? Kalau aku biasanya alpukat gini," ucapnya dilansir dari Instagram @robbypurba.

3. Tike Priatnakusumah - putih telur.

Masakan rumahan 5 presenter ini bisa jaga berat badan tetap seimbang

foto: Instagram/@tikeprie

Tike Priatnakusumah berhasil menurunkan bobot sebanyak 30 kg setelah menjaga pola makan. Salah satunya dengan rutin sarapan putih telur. Walau terbilang cukup lama, yakni 4 tahun lamanya, teknik diet Tike Priatnakusumah ini ampuh bikin tubuh jadi lebih ideal, lho.

"Sarapan pagi aku teh 1 butir putih telur ayam setiap jam 7, karena bosen di rebus, akhirnya hadir dengan berbagai kreasi," tulis Tike pada akun Instagram @tikeprie.

Menurut ecowatch.com, putih telur rendah kalori, lemak, dan kolesterol, sehingga direkomendasikan untuk diet. Putih telur juga bisa membentuk otot karena proteinnya tinggi.

4. Dewi Hughes - ikan salmon.

Masakan rumahan 5 presenter ini bisa jaga berat badan tetap seimbang

foto: Instagram/@hughes.dewi

Dewi Hughes berhasil memangkas bobotnya dalam jumlah besar. Presenter acara Jalinan Kasih ini melakukan diet seperti menghindari nasi, gula, garam, dan minyak. Ia beralih untuk mengonsumsi bahan-bahan bernutrisi dan rendah kalori.

Ikan salmon ini misalnya. Menurut beachbodyondemand.com, protein ikan salmon bisa meningkatkan massa otot sekaligus menurunkan berat badan. Dewi Hughes kerap mengonsumsinya dalam keadaan matang atau segar. Jika ingin memasak ikan salmon, ia memilih untuk tanpa garam dan gula.

"Saya cerita ini karena banyak yang berfikir saya tidak makan ikan, ayam, daging dan telur. Lihat deh di buku #DietKenyang saya, ada banyak menu ikan, ayam dan telur yang di olah tanpa garam dan tanpa gula," tulisnya di akun Instagram @hughes.dewi.

5. Nycta Gina - nasi merah.

Masakan rumahan 5 presenter ini bisa jaga berat badan tetap seimbang

foto: Instagram/@missnyctagina

Sejak diet, Nycta Gina jadi lebih sering mengonsumsi nasi merah bersama berbagai lauk seperti ayam goreng dan sayuran. Dilansir dari healthshots.com, nasi merah tinggi serat dan dapat membantu melancarkan pencernaan.

Nasi merah juga bisa membuat perut kenyang lebih lama dan nafsu makan nggak mudah meningkat. Dengan begitu berat badan nggak mudah naik.

"Nasi merah, ini adalah makanan yang menyehatkan. Aku kalau makan sekarang nasinya nasi merah," ucap Nycta Gina dilansir dari akun Instagram @missnyctagina

(brl/lut)
SELENGKAPNYA

Video

  • Tumis Timun Pedas

    11 / 08 / 2022 10:03
SELENGKAPNYA
SELENGKAPNYA