Mitos atau fakta, makan kangkung bisa bikin cepat ngantuk?

Mitos atau fakta, makan kangkung bisa bikin cepat ngantuk?

Brilio.net - Sejak dahulu, banyak informasi beredar dari mulut ke mulut tentang kangkung yang dapat membuat ngantuk setelah dikonsumsi. Padahal, belum diketahui apakah informasi tersebut benar atau salah. Tak sedikit yang menghindari memakan sayur satu ini karena tidak ingin merasa ngantuk saat beraktivitas.

Dilansir dari liputan6.com pada Senin (12/4), dokter spesialis gizi Tirta Prawita Sari, mengungkapkan informasi mengenai kangkung dapat menyebabkan kantuk adalah mitos.

"Itu bisa jadi sugesti atau setiap makan dia terlalu banyak, nafsu makan banget. Jadi, bukan karena ada zat tertentu di kangkung yang bikin orang jadi ngantuk, tergantung porsinya," kata dokter yang praktik di Rumah Sakit Pondok Indah tersebut.

Mitos atau fakta, makan kangkung bisa bikin cepat ngantuk?

foto: Instagram/@mamainabiz

Menurut penjelasan dokter Tirta, selain makan dalam jumlah besar, makan terlalu cepat juga bisa menyebabkan kantuk, lho. Saat makan terlalu cepat, tubuh belum sempat mendeteksi apakah lambung sudah kenyang atau belum.

Jika makan terlalu cepat, ujung-ujungnya dapat menyebabkan seseorang makan terus menerus sampai kekenyangan dan kemudian mengantuk. Diperlukan setidaknya 10-20 menit untuk menyadari bahwa seseorang merasa cukup kenyang.

Rentang waktu tersebut digunakan untuk menyampaikan pesan dari lambung ke otak. Oleh karena itu, penting bagi kamu untuk makan dengan takaran yang tepat. Hindari juga makan sampai begah.

"Jadi kalo kita makan cepat, tidak mengunyah dengan baik, maka mekanisme itu tidak terjadi," tambahnya.

Selain itu, cara pengolahan kangkung tertentu juga bisa menyebabkan ngantuk. Misalnya, kangkung yang dimasak dengan cara ditumis atau digoreng menggunakan minyak yang banyak. Makanan terlalu banyak minyak, menurut Tirta yang dapat menyebabkan kantuk.

Mitos atau fakta, makan kangkung bisa bikin cepat ngantuk?

foto: Instagram/@just_thress_kitchen

Makan makanan yang mengandung banyak minyak, biasanya memang relatif lebih nikmat daripada makanan yang diolah dengan cara seperti dikukus. Itulah yang menyebabkan seseorang dapat makan dalam jumlah banyak karena rasa makanannya yang nikmat.

Nah, maka dari itu, terjawab sudah kalau kangkung dapat membuat cepat ngantuk adalah mitos. Alih-alih dianggap bikin cepat ngantuk, manfaat kangkung banyak sekali lho untuk kesehatan.

Dilansir dari Healthline.com, kangkung bisa membantu melawan radikal bebas, menjadi sumber mineral untuk tubuh, menurunkan tekanan darah, mengatasi gangguan pencernaan, dan mencegah sariawan. Jadi, yuk dimakan, jangan takut lagi makan kangkung ya~

(brl/mal)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya