Modal Rp5.000, begini cara membersihkan kerak gosong di panci dandang

Modal Rp5.000, begini cara membersihkan kerak gosong di panci dandang
YouTube/Ummu Ghaziyah

Brilio.net - Mendapati panci gosong di dapur barangkali sudah menjadi hal wajar bagi sebagian orang. Tidak dapat dipungkiri, panci yang sering digunakan memasak memang rentan gosong, terlebih di bagian bawahnya (pantat panci). Karena terkena api kompor langsung, bagian tersebut biasanya akan gosong dan menghitam.

Jika dibiarkan terlalu lama, tampilan panci bisa hitam legam, lho. Hal tersebut bisa diperparah dengan jenis kompor yang digunakan. Ketika kompor yang digunakan memasak masih berupa tungku dan kayu bakar, akan sangat mungkin pantat panci ini semakin hitam legam.

Masalah seperti ini memang kerap dialami banyak orang, termasuk pengguna YouTube bernama Ummu Ghaziyah. Melalui salah satu unggahannya, dia mengeluhkan kondisi panci dandang (kukusan) yang biasa digunakan memasak. Tak hanya bagian bawahnya, seluruh bagian luar panci dandang tersebut tampak sangat hitam.

"Gosongnya itu sampai menutupi semuanya. Nah, kalau saya masak tuh menggunakan kayu bakar, ya. Alhasil seperti inilah kalau tidak pernah dibersihkan," ungkap YouTube Ummu Ghaziyah, dikutip BrilioFood pada Kamis (23/3).

Karena terlalu lama tidak dibersihkan, noda gosong tersebut lantas berubah jadi kerak. Kerak ini tentu saja tidak bisa dibersihkan dengan mudah. Sabun cuci piring saja tidak efektif mengangkat kerak gosongnya.

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya