Mudah dan simpel, ini trik jitu membakar sosis agar mekar sempurna

Mudah dan simpel, ini trik jitu membakar sosis agar mekar sempurna
foto: TikTok/@rinasitepu

Brilio.net - Olahan sosis memang nggak pernah gagal menggugah selera. Makanan olahan berbahan dasar daging sapi ini bisa diolah jadi aneka camilan dan masakan favorit berbagai kalangan. Selain kerap jadi bahan pelengkap, sosis juga bisa diolah jadi lauk.

Nah, salah satu olahan sosis yang banyak digemari adalah sosis bakar. Sosis bakar pun kerap ditemukan di berbagai bazar jajanan. Selain ukurannya yang besar, bumbu yang meresap hingga ke dalam membuat sosis bakar selalu bikin nagih.

Nggak melulu beli di luar, kamu pun bisa membuat sendiri sosis bakar. Pasalnya, sosis bakar sendiri cukup mudah dibuat. Kamu bahkan bisa menggunakan bumbu instan yang tinggal oles. Meski begitu, masih banyak yang mengeluhkan jika bentuk sosis tidak bisa semekar saat membeli di luar.

Ternyata untuk membuat sosis bisa mekar sempurna ada triknya, lho. Dilansir BrilioFood dari akun TikTok/@rinasitepu15 pada Senin(1/8), akun milik Rina Sitepu tersebut membagikan trik mudah dan simpel membuat sosis mekar sempurna saat dibakar.

Mudah dan simpel, ini trik jitu membakar sosis agar mekar sempurna

foto: Tiktok/@rinasitepu15

Dalam video tersebut, sosis yang sudah dipisahkan dari plastik kemasannya, kemudian ditusuk bagian tengahnya dengan menggunakan tusuk sate. Jangan lupa berikan sayatan di setiap sisi sosis agar memudahkan bumbu meresap. Irisannya berbentuk serong saja dan jangan sampai terlalu dalam. Pasalnya, nanti sosis malah jadi potongan kecil saat dibakar.

Setelah sosis ditusuk dan diberika sayatan di setiap sisinya, jangan langsung olesi dengan bumbu atau malah dibakar. Sosis harus direbus di air mendidih sebentar saja sambil dibolak-balik. Bagian ini yang jadi kunci utama agar sosis mekar sempurna saat dibakar.

Mudah dan simpel, ini trik jitu membakar sosis agar mekar sempurna

foto: Tiktok/@rinasitepu15

Saat sosis sudah matang dan setiap sisi yang diberi sayatan tadi sudah mekar dengan sempurna, lalu angkat dan tiriskan di piring. Karena sudah matang setelah direbus, sosis hanya butuh waktu sebentar saat dibakar untuk memberi warna kecokelatan saja.

Mudah dan simpel, ini trik jitu membakar sosis agar mekar sempurna

foto: Tiktok/@rinasitepu15

Saat dibakar, jangan lupa untuk mengoles saus BBQ ataupun saus favorit sesuai selera. Cukup gunakan api kecil saat membakar sosis. Jangan lupa untuk dibolak-balik agar semua sisi sosis bisa berwarna cokelat sama rata.

Trik ini tentu bisa dilakukan di rumah agar sosis bakar punya tampilan yang lebih cantik dan menarik saat disajikan. Tak hanya itu, proses memasaknya pun cenderung simpel dan mudah ditiru siapa saja bisa. Dengan trik ini, kamu bisa bikin sosis bakar rumahan yang mekar sempurna ala buatan penjual kaki lima.

Video yang sudah ditonton sebanyak 1,4 juta tersebut telah mendapat like sebanyak 67 ribu lebih dan dibagikan lebih dari 2.000 kali. Selian bikin sosis mekar sempurna, merebus sosis sebelum dibakar juga bisa memastikan setiap sisinya matang merata. Tak cuma itu, beberapa komentar positif pun diberikan oleh warganet akan trik tersebut.

@rinasitepu15 Tips biar sosis bakarnya cantik #sosisbakar #tipsmasaksimple #bekalanak #tipsmasak original sound - Laila Qurby - Tik Toker

"Supaya matang merata juga ya bund karena klo bakar sosis gk direbus dlu suka gk mateng dlmnya," ujar akun TikTok/@dityaa.

"Trmksih bunda tips y semoga ilmu y jd amal jariyah bt bunda,berkah bt yg jualan Aamiin," tulis akun TikTok/@0406.

"Saya juga jualan sosis bakar tiap hari pasti d rebus dulu sbnter biar mekar da supya tdk lama di bkr nya........," ujar akun TikTok/@Wewenk Wenk.

"Noted... Terima kak infonya," tulis akun TikTok/@Pejuang Cuan.

"Aq dulu buka cafe jg pake cra ini," tulis akun TikTok/@kei_zee.

(brl/mal)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya