Nggak boleh asal, ini trik mencuci cobek baru agar bebas pasir dan aman digunakan

Nggak boleh asal, ini trik mencuci cobek baru agar bebas pasir dan aman digunakan
foto: YouTube/Galeri Linda

Brilio.net - Cobek termasuk peralatan dapur yang sudah ada sejak ribuan tahun lalu dan masih eksis hingga sekarang. Seiring berjalannya waktu dan perkembangan zaman, bahan untuk membuat cobek pun semakin beragam. Tak hanya batu, tapi ada pula yang terbuat dari kayu, keramik, logam, kuningan, dan lain-lain. Tapi, cobek batulah yang masih sering jadi pilihan orang banyak.

Sebab, cobek batu ini teksturnya keras sehingga ampuh menghaluskan bahan makanan dengan ulekan. Cobek batu juga dikenal awet dan tidak mudah pecah. Lantaran banyak dicari, cobek batu ini seringkali dibuat tiruannya. Sehingga penting untuk mengetahui perbedaan cobek batu yang asli dan palsu dengan memperhatikan tekstur dan warna batunya.

Usai membeli cobek batu, sebaiknya jangan langsung digunakan untuk menghaluskan bahan makanan. Cobek batu wajib dicuci terlebih dahulu biar makanan yang diolah nantinya tetap higienis. Pasalnya, cobek batu yang masih baru seringkali kondisinya masih kotor karena debu maupun pasir bekas proses pembuatan cobek.

Perlu diketahui pula, cobek batu yang masih baru ini tidak bisa benar-benar bersih kalau hanya dicuci pakai air dan sabun seperti biasa. Penting untuk menggunakan bahan lainnya guna membantu cobek batu lebih bersih dan aman digunakan. Nah, salah seorang warganet bernama Linda membagikan langkah-langkah membersihkan cobek batu baru ini lewat unggahan di YouTube pribadinya.

(brl/mal)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya