Pakai 1 bumbu dapur, ini trik ampuh mengurangi rasa pahit terong pipit

Pakai 1 bumbu dapur, ini trik ampuh mengurangi rasa pahit terong pipit
YouTube/Auliaa Audy

Brilio.net - Terong pipit dikenal pula dengan nama-nama lain seperti takokak, rimbang, maupun mini-eggplant. Sayuran satu ini juga sering sulit dibedakan dengan leunca karena kerap dihidangkan dengan cara sama, yaitu dijadikan lalapan. Usut punya usut, terong pipit dan leunca berasal dari tanaman yang berbeda. Jika leunca lebih banyak dibudidayakan, maka terong pipit kebanyakan masih dianggap sebagai tanaman liar.

Meski begitu, banyak orang menyukai terong pipit, lho. Salah satu alasannya karena sayuran ini punya banyak sekali manfaat untuk kesehatan. Dilansir dari hebgarden.co.za, terong pipit punya kadar serat, antosianin, dan vitamin yang tinggi. Terong pipit bagus untuk membantu melancarkan peredaran darah, menyehatkan pencernaan, mengatasi batuk dan flu, menurunkan berat badan, dan lain-lain.

Namun, terong pipit ini punya rasa cenderung pahit, lho. Apalagi jika dikonsumsi dalam keadaan mentah seperti jadi lalapan. Dilansir dari plantfoodathome.com, kandungan antosianin di dalamnya yang ternyata bikin terong pipit jadi pahit.

Nah, berbicara soal terong pipit, salah seorang warganet bernama Aulia sempat membagikan unggahan seputar terong pipit.

"Lanjut biar terong pipit supaya gak terlalu pahit, ini bahasa aku ya teman-teman namanya terong pipit, kalau bahasa kalian aku nggak tahu apa ya namanya?" ujarnya, dikutip BrilioFood dari YouTube Auliaa Audy pada Kamis (12/1).

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya