Pakai air cucian beras, begini trik ampuh hilangkan bau tanah pada ikan bawal

Pakai air cucian beras, begini trik ampuh hilangkan bau tanah pada ikan bawal
foto: YouTube/zarena official

Brilio.net - Ikan termasuk salah satu bahan makanan hewani yang sering diolah jadi menu sehari-hari bagi sebagian masyarakat. Ada beragam jenis ikan yang bisa jadi pilihan, apalagi di Indonesia sendiri terkenal dengan hasil lautnya yang melimpah. Selain ikan laut, ikan air tawar juga banyak dikonsumsi, salah satunya adalah ikan bawal.

Ikan bawal sendiri memiliki bentuk yang hampir mirip seperti ikan piranha. Meskipun berbentuk pipih, namun daging ikan bawal juga cukup tebal dan bertekstur lembut. Tak heran, jika banyak orang akhirnya mengolahnya menjadi berbagai menu masakan dengan cara digoreng, dibakar, hingga bisa dijadikan pepes.

Meskipun punya rasa lezat dan bisa diolah jadi beragam masakan, namun tak sedikit yang masih enggan mengolah ikan bawal. Bukan karena aroma amisnya, melainkan bau tanah yang terdapat pada ikan bawal cukup menganggu. Hal ini sebenarnya wajar terjadi, mengingat ikan bawal hidup di air tawar.

Untuk meminimalisir bau tersebut, maka proses membersihkan dan mengolah ikan bawal harus benar-benar diperhatikan. Salah satu pengguna YouTube dengan nama channel 'zarena official', membagikan tutorial membersihkan ikan bawalpakai air cucian beras. Dengan cara tini, dijamin ampuh membuat ikan bawal terbebas dari bau tanah.

“90% bau atau rasanya di ikan bawal dijamin akan menghilang,” ujarnya dalam video unggahannya, dilansir BrilioFood pada Minggu (25/12).

(brl/mal)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya