Pakai beras, ini cara hilangkan rasa panas di tangan usai potong cabai

Pakai beras, ini cara hilangkan rasa panas di tangan usai potong cabai
foto: TikTok/@nurul.fauziah1327

Brilio.net - Cabai termasuk salah satu bumbu dapur yang sering digunakan pada aneka hidangan, terutama di Indonesia. Dengan tambahan cabai nggak hanya bikin warna hidangan semakin menggugah selera, tapi rasanya juga jadi lebih enak dan pedas. Cabai sendiri punya beragam jenis dengan rasa dan tingkat pedas yang berbeda-beda pula.

Saat memotong cabai, pasti semua sudah familiar dengan pedasnya yang mudah menempel di tangan. Kepedasan dari cabai ini dikenal juga dengan istilah wedangen dalam bahasa Jawa. Nah, rasa pedas yang tertinggal di tangan ini semakin terasa apalagi memotong cabai dalam jumlah besar.

Meski sudah dicuci dengan air dan sabun, terkadang rasa pedas di tangan sering kali sulit hilang, lho. Buat yang belum tahu, sebenarnya ada cara untuk mencegah rasa panas dari cabai ini, lho. Salah satunya dengan olesi tangan menggunakan minyak sebelum memotong cabai.

Namun apabila tangan sudah terlanjur kepedasan, bisa pula diatasi dengan beberapa cara, seperti pakai saus tomat, garam, alkohol, maupun susu. Tapi jika bahan-bahan tersebut kurang bekerja, ada bahan lainnya yang nggak kalah ampuh buat hilangkan rasa pedas di tangan akibat cabai, yakni pakai beras.

(brl/mal)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya