Pasta lezat ini ternyata usianya 300 tahun, cara bikinnya unik

12 / 01 / 2017 08:30 WIB Syifa Fauziah
assets

Brilio.net - Selain pizza, hidangan khas Italia lainnya yaitu pasta merupakan makanan yang sudah mendunia. Banyaknya penggemar pasta bikin makanan ini berkembang dan memiliki banyak jenis. Tahukah kamu, ternyata di salah satu kota kecil di Pulau Sardinia, Itua, yakni Nauro terdapat satu jenis pasta legendaris bernama su filindeu.

Dilansir brilio.net dari Daily Meal, Rabu (11/1), belum lama ini, seorang celebrity chef, Jamie Oliver mengunjungi Kota Nuoro, untuk mempelajari langsung cara mengolah pasta berumur 300 tahun itu. Berdasarkan pengalamannya tersebut, Jamie menemukan bahwa su filindeu diolah menggunakan teknik yang sangat unik. Pasta ini dibuat dengan menggunakan dua tangan sekaligus, dengan teknik pengolahan yang cukup rumit.

Pasta tersebut juga dibuat masih dengan cara yang sangat tradisonal. Adonan harus dilipat menjadi 265 helaian yang sangat tipis dengan tekstur dan ketebalan sama. Setelah itu, tiap helai pasta akan disusun menjadi tiga pola menyilang di atas sebuah wadah berbentuk lingkaran. Kemudian pasta dijemur di bawah terik matahari hingga mengering.

Su filindeu sendiri merupakan resep tradisional milik keluarga Abraini, yang telah diturunkan secara turun-temurun kepada generasi keluarga mereka selama lebih dari 300 tahun.

(brl/fen)
SELENGKAPNYA