Pemula wajib tahu, ini cara pakai hand mixer agar adonan kalis

Pemula wajib tahu, ini cara pakai hand mixer agar adonan kalis
foto: TikTok/@catchyhomecafe

Brilio.net - Salah satu alat baking yang menjadi andalan banyak orang adalah mixer. Dengan alat satu ini, proses baking menjadi lebih praktis. Mixer sendiri memiliki fungsi untuk mengaduk dan membuat adonan tercampur secara merata. Adonan yang tercampur rata merupakan salah satu kunci agar roti yang dihasilkan nantinya mengembang secara maksimal.

Mixer sendiri terdiri dari dua jenis, yakni hand mixer dan stand mixer. Meski memiliki fungsi yang sama, kedua jenis mixer ini memiliki bentuk yang berbeda. Hand mixer memiliki desain yang lebih sederhana dan simpel dibanding stand mixer. Bentuknya pun terbilang lebih kecil dan ringan, sehingga cocok digunakan bagi para pemula saat proses baking.

Meskipun begitu, ternyata masih banyak yang belum mengerti bagaimana cara penggunaan hand mixer yang benar. Jika menggunakan mixer dengan cara yang salah, adonan roti justru akan naik pada stik yang berbentuk spiral. Jika sudah begitu, tentunya akan menghambat proses baking dan membuat roti tidak mengembang dengan sempurna nantinya.

Oleh karena itu, kamu bisa meniru trik yang ditunjukkan oleh akun TikTok/@catchyhomecafe. Lewat videonya, ia menunjukkan cara menggunakan hand mixer saat membuat kue agar hasilnya kalis. Dengan cara ini, adonan kue tidak akan naik ke atas dan adonan kue pun dapat tercampur secara sempurna.

(brl/mal)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya