Ramai Hanamasa, ini 3 cara cek restoran bersertifikat halal MUI

04 / 01 / 2022 13:04 WIB Annathiqotul Laduniyah
Ramai Hanamasa, ini 3 cara cek restoran bersertifikat halal MUI
foto ilustrasi: unsplash.com

Brilio.net - Baru-baru ini sebuah restoran Jepang Hanamasa ramai diperbincangkan di media sosial. Restoran berbasis All You Can Eat (AYCE) tersebut jadi perbincangan setelah seorang pelanggan memosting terkait bahan masakan yang digunakan. Lewat postingan tersebut, pemilik akun Instagram @anggiyusriani menemukan bahwa jamur dalam menu makanannya mengandung sake atau alkohol khas Jepang.

Unggahan tersebut pun langsung ramai jadi pembahasan warganet. Pasalnya, Hanamasa merupakan salah satu restoran AYCE yang cukup terkenal. Banyak warganet yang kemudian mempertanyakan kehalalan restoran tersebut. Isu tersebut pun membuat akun Instagram resmi Hanamasa langsung diserbu para pengguna media sosial.

Setelah ditelusuri lebih lanjut, Hanamasa ternyata masih belum memiliki sertifikat halal dari MUI. Hal ini dikonfirmasi oleh pihak MUI melalui balasan sebuah komentar Instagram dari salah satu warganet yang menanyakan hal tersebut.

"Assalamu'alaikum wr wb, Mau tanya restoran All you can eat yang sudah sertifikasi halal MUI apa aja ya pak/bu? apakah Pochajjang, Hanamasa, dll sudah bersertifikat halal. Mohon infonya. Terimakasih," tulis akun @azizmaulanasapurta.


cara cek halal MUI  2022 brilio.net

foto: Instagram/@lppom_mui

Hal ini kemudian dijawab langsung oleh pihak MUI. Melalui akun Instagram resmi, pihak MUI secara terang-terangan menyebutkan jika Hanamasa belum memiliki sertifikat halal dari MUI.

"@azizmaulanasapurta kedua resto tersebut belum bersertifikat halal MUI ya ka." Jawab akun Instagram @lppom_mui.

Lantas bagaimana mengetahui restoran atau produk yang kita makan telah bersertifikat halal MUI? Pihak MUI sendiri telah mengimbau untuk mengecek restoran yang telah bersertifikat halal di website resminya. Namun selain itu ada juga cara lain untuk bisa mengetahui restoran mana saja yang sudah mendapatkan sertifikat halal dari MUI.

Untuk lebih jelasnya, simak tiga cara cek restoran yang bersertifikat halal MU, dilansir BrilioFood dari berbagai sumber pada Selasa (4/1).

1. Melalui laman Halal MUI.

cara cek halal MUI  2022 brilio.net

foto: Halalmui.org

Kamu bisa mengecek status Halal sebuah restoran melalui laman resmi MUI di www.halalmui.org, berikut cara-caranya:

1. Buka laman www.halalmui.org.
2. Kemudian klik 'Cek Produk Halal' yang ada pada beranda website.
3. Selanjutnya, isi kolom dengan nama produk atau nama produsen restoran sesuai pilihan.
4. Klik 'Cari'.
5. Hasil pencarian status produk Halal oleh MUI akan terlihat.

2. Lewat Aplikasi Halal MUI.

cara cek halal MUI  2022 brilio.net

foto: play.google.com

Selain melalui website, kamu juga bisa mengecek melalui aplikasi Halal MUI. Aplikasi Halal MUI merupakan aplikasi khusus yang dibuat oleh pihak MUI untuk memberikan informasi tentang kehalalan suatu produk yang sudah tersertifikasi oleh LPPOM (lembaga Pengkajian Pangan dan Obat-obatan) MUI.

Berikut cara cek produk halal melalui Aplikasi Halal MUI:

1. Unduh Aplikasi Halal MUI di Google Play Store atau App Store.
2. Kemudian buka Aplikasi Halal MUI.
3. Klik sub menu 'Cari Produk Halal'.
4. Kemudian ketik nama produk, nama produsen, atau nomor sertifikat.
5. Hasil pencarian status produk akan terlihat.

3. Hubungi call center MUI.

Cara lain yang juga bisa digunakan untuk memastikan produk atau restoran telah bersertifikat halal MUI melalui call center.

Caraya dengan menghubungi call center LPPOM MUI di 14056 dengan tarif reguler. Cara ini bisa dilakukan jika terdapat kendala dalam website dan aplikasi Halal MUI.

(brl/mal)
SELENGKAPNYA

Video

SELENGKAPNYA
SELENGKAPNYA