Rutin mengonsumsi 5 makanan ini bikin kulit wajah kencang alami

10 / 10 / 2021 12:30 WIB Nisa Akmala
Rutin mengonsumsi 5 makanan ini bikin kulit wajah kencang alami
foto ilustrasi: pixabay.com

Brilio.net - Seiring bertambahnya usia, elastisitas kulit akan semakin berkurang. Hal tersebut disebabkan karena produksi lemak dan kolagen yang menurun sehingga menjadikan kulit kering dan keriput. Meski begitu, kamu bisa menjaga agar kulit tetap kencang bak remaja.

Selain melakukan perawatan wajah di klinik kecantikan dengan tanam benang, kamu bisa rutin menggunakan berbagai produk skincare yang mengandung bahan anti aging seperti retinol. Kamu pun bisa menjaga kekencangan kulit wajah secara alami.

Nggak perlu banyak biaya, pasalnya ada berbagai makanan yang bisa kencangkan kulit wajah secara alami. Karena proses alaminya, tentu hasilnya nggak bisa secara instan. Untuk hasil maksimal, kamu perlu mengonsumsi makanan ini secara rutin dan diimbangi dengan pola hidup sehat.

Dilansir BrilioFood dari berbagai sumber pada Minggu (10/10), berikut deretan makanan yang bantu kencangkan kulit secara alami.


1. Cokelat.

Makanan bikin kulit wajah kencang alami  berbagai sumber

foto: unsplash.com

Siapa sangka kalau makanan manis satu ini punya manfaat baik untuk menjaga kesehatan kulit? Dalam sebuah penelitian yang dilakukan di Jerman, kandungan kakao pada cokelat ternyata mampu meningkatkan aliran darah yang membantu kulit jadi lebih sehat.

Nggak cuma itu, cokelat juga bisa melindungi kerusakan kulit yang disebabkan paparan sinar UV. Untuk hasil maksimal, kamu dianjurkan untuk mengonsumsi dark chocolate.

2. Ayam.

Makanan bikin kulit wajah kencang alami  berbagai sumber

foto: unsplash.com

Ayam memang punya segudang manfaat baik untuk kesehatan tubuh. Unggas satu ini juga rupanya bisa menjadi suplemen alami yang memenuhi kebutuhan kolagen. Ayam memiliki jaringan ikat di dalam yang menjadi sumber kolagen dari makanan.

Mengonsumsi ayam dapat mengoptimalkan produksi kolagen yang baik untuk kulit. Penelitian menyebutkan kalau leher dan tulang rawan ayam merupakan sumber kolagen paling besar. Kolagen yang terkandung dari ayam adalah tipe 2. Kandungan tersebut membuat tubuh menghasilkan zat yang melawan rasa sakit dan bengkak.

Nggak cuma baik untuk kesehatan kulit, kolagen pada ayam juga bermanfaat untuk mengobati berbagai jenis nyeri sendiri. Misalnya nyeri sendi usai pembedahan, nyeri punggung, nyeri leher dan nyeri usai cidera.

3. Hati sapi.

Makanan bikin kulit wajah kencang alami  berbagai sumber

foto: unsplash.com

Hati sapi merupakan salah satu sumber vitamin A. Dalam 100 gram hati sapi mengandung 9.4422 mikrogram vitamin A yang setara dengan 444 persen kebutuhan vitamin A. Kandungan vitamin A pada hati sapi dapat mengaktifkan sel yang bertanggung jawab memproduksi kolagen baru.

Nggak salah, kalau jeroan satu ini cocok dikonsumsi untuk mengencangkan kulit wajah secara alami. Tak hanya vitamin A, hati sapi juga mengandung tembaga, vitamin B2 dan B12, zat besi, folat dan kolin.

4. Kaldu tulang.

Makanan bikin kulit wajah kencang alami  berbagai sumber

foto: unsplash.com

Kaldu tulang yang terbuat dari tulang sapi, ayam, kambing atau bahkan ikan mengandung kalsium, magnesium, fosfor, kolagen, glukosamin, kondroitin, asam amino, dan nutrisi lainnya. Mendidihkan tulang tersebut dalam air diyakini merupakan proses mengekstraksi kolagen.

Asupan kolagen yang cukup membuat tubuh dan kulit menjadi lebih kencang, terutama di area wajah. Kulit wajah yang kencang merupakan tanda dari kesehatan kulit yang sempurna. Kaldu tulang juga baik untuk usus karena kandungan gelatin yang meningkatkan keseimbangan dan pertumbuhan probiotik.

5. Putih telur.

Makanan bikin kulit wajah kencang alami  berbagai sumber

foto: unsplash.com

Putih telur mengandung asam amino yang diperlukan untuk produksi kolagen. Kolagen yang dioptimalkan dari konsumsi putih telur dapat membantu melembapkan kulit, mengencangkan, dan menghindarkan dari masalah keriput.

Rutin mengonsumsi putih telur juga membantu peremajaan jaringan dan sel yang menghasilkan kulit lebih halus. Putih telur juga menjadi sumber untuk mencegah tanda-tanda awal penuaan seperti keriput dan garis-garis halus.

(brl/mal)
SELENGKAPNYA

Video

  • Macaroni Fruits Salad

    19 / 10 / 2021 10:00
SELENGKAPNYA
SELENGKAPNYA