Selain lezat, 4 makanan khas Jepang ini dipercaya bisa perpanjang umur

Selain lezat, 4 makanan khas Jepang ini dipercaya bisa perpanjang umur

Brilio.net - Siapa sih yang nggak mengenal sushi? Makanan berupa nasi kepan yang dibentuk dan disajikan dengan beberapa jenis lauk, seperti potongan ikan laut, daging, dan sayuran mentah ini merupakan salah satu kuliner khas Jepang.

Selain sushi, masih banyak jenis kuliner Jepang lainnya yang juga tidak kalah lezat dan menjadi favorit banyak orang. Sebut saja, ramen, onigiri, takoyaki dan masih banyak lagi. Ya, makanan dari Negeri Sakura ini termasuk satu di antara kuliner favorit dunia.

Beberapa jenis makanan khas Jepang ternyata tidak hanya lezat saja tetapi juag menyehatkan. Bahkan kandungan nutrisi pada makanan sehat ini dipercaya mampu memperpanjang umur seseorang. Jepang memang dikenal sebagai salah satu negara tersehat di dunia. Menurut dw.com, 50.000 warga Jepang berusia lebih dari 100 tahun.

Lalu apa sajakah makanan khas Jepang yang dipercaya bisa memperpanjang umur? Berikut ini daftar jenis makanannya yang brilio.net lansir dari qraved.com, Jumat (11/5).

1. Matcha.

Selain lezat, 4 makanan khas Jepang ini dipercaya bisa perpanjang umur

foto: healthline.com

Matcha merupakan bahan makanan yang akhir-akhir ini sering kali dijumpai dalam berbagai kuliner kekinian, bisa sebagai toping dan juga bahan utamanya. Matcha atau Japanese Green Tea ini mempuntyai kandungan tingkat antioksidan tertinggi jika dibandingkan dengan jenis teh lain. Sperti yang diketahui, antioksidan dapat menangkal radikal bebas yang kerap memicu berbagai penyakit berbahaya, seperti kanker. Selain antioksidan, matcha juga mengandung berbagai nutrisi baik bagi tubuh. Mengutip dari foodmatters.com, seseorang harus meminum sekitar 10 gelas air mineral untuk mendapatkan nutrisi yang sama dari segelas matcha green tea.

2. Miso Soup.

Selain lezat, 4 makanan khas Jepang ini dipercaya bisa perpanjang umur

foto: bonappetit.com

Salah satu sup andalan orang Jepang ini biasanya disajikan dengan nasi putih sebagai menu sarapan pagi. Miso soup sendiri diketahui mengandung banyak protein dan dapat membantu menstimulasi pencernaan di dalam tubuh. Tak hanya itu saja, sup ini juga mengandung vitamin B dan merupakan sumber antioksidan yang tinggi.

3. Seaweed.

Selain lezat, 4 makanan khas Jepang ini dipercaya bisa perpanjang umur

foto: bigthink.com

Seaweed atau rumput laut mempunyai manfaat yang sangat banyak bagi tubuh. Makanan khas Jepang ini dikenal sebagai sumber mineral. Selain itu, rumput laut juga memiliki sebutan "the plant kingdom" karena dapat menarik semua nutrisi di dalam laut. Rumput laut bisa dikonsumsi secara langsung atau dalam bentuk kering yang lebih dikenal dengan nama nori.

4. Ikan.

Selain lezat, 4 makanan khas Jepang ini dipercaya bisa perpanjang umur

foto: pixabay.com

Ya, Jepang memang terkenal akan hasil lautnya yang berkualitas. Tidak sedikit pula kuliner khas Jepang yang menggunakan ikan dalam sajiannya. Ikan memang merupakan salah satu jenis makanan yang sehat bagi tubuh. Hal ini dikarenakan ikan adalah sumber omega 3 terbaik yang sangat baik bagi otak manusia. Salah satu jenis ikan tersebut adalah ikan salmon yang sering disajikan dalam menu-menu khas Jepang.

(brl/pep)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya