Sensasi teh biru bunga telang yang bikin badan bugar

Sensasi teh biru bunga telang yang bikin badan bugar

Brilio.net - Bunga telang (Clitoria ternatea) adalah tumbuhan merambat dari Asia tropis yang dianggap liar. Namun bunga ini telah lama digunakan di Malaysia dan Thailand baik sebagai bahan baku kuliner maupun tekstil. Di Malaysia misalnya, makanan yang memanfaatkan bunga telang adalah nasi biru yang dikenal dengan nama nasi kerabu. Sedangkan di Thailand digunakan sebagai sirup bernama nam dok anchan.

Kini pemanfaatan bunga telang tengah digalakkan di Desa Tamanmartani, Kalasan, Yogyakarta di bawah bendera bernama Martani. Salah satu produknya adalah teh biru bunga telang. Teh ini bisa menjadi alternatif untuk menggantikan teh kamomil yang berasal dari tanaman teh.

"Teh kamomil mengandung zat bernama tanin. Kemudian tanin kurang baik dikonsumsi setelah makan besar karena menghambat penyerapan zat besi. Ketika mereka minum teh biru jadi tidak minum teh kamomil, itu kan kandungan taninnya berkurang," tutur Rita Mustika Sari, pengelola Martani.

Rita menuturkan, dari beberapa macam bunga telang dipilih hanya yang berwarna biru (Clitoria ternatea) karena hanya jenis ini yang ketika diseduh akan luntur warna. Jenis ini memiliki antosianin tinggi, ada 19 jenis antosianin. Menurutnya cara membuat minuman teh dari bunga telang cukup mudah.

"Petik bunga telang yang single 3 atau 5, diseduh air panas. Tunggu 3-5 menit, dia akan keluar warna birunya. Bisa ditambahkan gula atau madu, sesuai selera," tandas alumnus Institut Pertanian Bogor ini.

Teh bunga telang ini cenderung tidak memiliki rasa sehingga kalau mau mencampurkannya dengan makanan apapun dia akan menyatu. Misalnya teh biru bunga telang bisa ditambahkan jeruk lemon atau serai wangi untuk menambahkan aroma. Teh bunga telang memberikan dampak kesehatan bagi tubuh.

"Biasanya ibu-ibu minum teh biru bunga telang di pagi hari. Katanya badannya enak seharian. Memang dia punya kandungan yang melancarkan peredaran darah, anti aging memperkuat kulit, bisa melancarkan haid, bisa mendorong kesuburan," tambah wanita asal Jawa Barat ini.

Selain teh, bunga telah telah diolah menjadi nasi telang, krupuk telang, sirup telang.

Penasaran mau nyoba?

(brl/red)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya