Serupa tapi tak sama, ini beda ketupat, lontong, dan buras

Serupa tapi tak sama, ini beda ketupat, lontong, dan buras

Brilio.net - Siapa yang tidak mengetahui ketiga makanan ini? Ketupat, lontong, dan buras merupakan makanan tradisional khas Indonesia yang terbuat dari beras. Ketiganya memang cenderung mirip, karena sama-sama dimasak bersama bungkusan daun.

Kerap dianggap sama, namun ternyata ketiga makanan ini berbeda, lho. Dilansir brilio.net dari fimela.com pada Rabu (28/4), ada beberapa perbedaan antara ketupat, lontong, maupun buras.

Di antara ketiganya, ketupat dinilai paling beda. Jika lontong dan buras dibungkus dengan daun pisang, ketupat ini dibungkus dengan daun kelapa atau janur.

Serupa tapi tak sama, ini beda ketupat, lontong, dan buras

foto: Instagram/@dyah.meita

Ketupat biasa disajikan saat hari lebaran. Contohnya seperti untuk pendamping hidangan opor ayam, opor nangka, sayur kuah santan, maupun ketupat Kandangan khas Kalimantan Selatan. Waktu membuat ketupat membutuhkan waktu lumayan lama, sekitar 4 sampai 6 jam agar beras matang sempurna dan dapat dihidangkan.

Selain ketupat, mengolah lontong juga butuh waktu sekitar 5 jam. Lontong ini merupakan makanan yang praktis untuk dikonsumsi. Biasanya lontong dimakan bersama pecel, opor, sate, hingga bakso. Teksturnya lembut dan rasanya 'masuk' dengan makanan apa saja, membuat lontong kerap digemari oleh sejumlah orang.

Serupa tapi tak sama, ini beda ketupat, lontong, dan buras

foto: Instagram/@sukmawati_rs

Sementara itu, buras merupakan makanan khas Makassar atau Bugis. Cara mengolahnya sama dengan ketupat dan lontong, yaitu dibungkus dengan daun dan dimasak dalam jangka waktu lama. Yang membuatnya berbeda adalah bahan yang digunakan. Untuk membuat buras, biasanya ditambahkan dengan santan kelapa, parutan kelapa, dan garam. Sehingga, rasanya cenderung lebih gurih.

Serupa tapi tak sama, ini beda ketupat, lontong, dan buras

foto: Instagram/@puang_achi

Itulah perbedaan tiga makanan berbahan dasar beras yang dimasak bersama bungkusan daun. Kalau kamu, lebih suka menikmati yang mana?

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya