Serupa tapi tak sama, ini perbedaan roti canai dan roti prata

Serupa tapi tak sama, ini perbedaan roti canai dan roti prata
foto HL: Instagram/@circular.people & Instagram/@makoeats

Brilio.net - Roti canai dan roti prata merupakan makanan yang berasal dari Timur Tengah. Meski begitu, kedua roti tersebut terbilang gampang ditemui di Indonesia. Biasanya kedua roti ini dijual di pinggiran jalan atau pada pedagang kaki lima.

Roti canai dan roti prata sering dijadikan sebagai menu sarapan karena mengandung karbohidrat. Kandungan karbohidrat inilah yang membuat sarapan dengan roti canai atau roti prata terasa mengenyangkan.

Kedua roti ini memang sangat mirip, dari bentuknya yang berupa lapisan-lapisan tepung tidak menyatu satu sama lain. Lalu apa perbedaan roti canai dan roti prata? Berikut brilio.net telah merangkum dari berbagai sumber, perbedaan roti canai dan roti prata pada Rabu (2/6).

1. Roti canai.

Serupa tapi tak sama, ini perbedaan roti canai dan roti prata

foto: Instagram/@circular.people

Roti canai adalah roti yang cukup terkenal di beberapa negara, khusunya di Malaysia. Roti ini terbuat dari tepung dan minyak susu yang digoreng dengan penggunaan minyak yang jauh lebih banyak jika dibandingkan dengan roti prata.

Roti canai memiliki tekstur yang lebih tebal, dan agak basah. Biasanya roti canai disajikan dengan bahan pelengkap lain, seperti gulai, kuah kari, madu dan gula. Roti canai memang memiliki rasa yang gurih sehingga cocok untuk bahan pelengkap mulai dari asin hingga manis.

2. Roti prata.

Serupa tapi tak sama, ini perbedaan roti canai dan roti prata

foto: Instagram/@makoeats

Roti prata sering ditemui di negara seperti Malaysia dan Singapura. Jika roti canai biasa digoreng dengan minyak yang lebih banyak, roti prata tidak banyak membutuhkan minyak untuk menggorengnya.

Jenis roti satu ini memiliki tekstur yang lebih tipis dan renyah. Biasanya, roti prata dapat disantap secara langsung tanpa bahan pelengkap. Roti prata juga memiliki variasi rasa seperti cokelat, pisang, keju, dan bawang.

Jadi, kedua roti ini memang sekilas memiliki kemiripan. Namun, keduanya dimasak dengan cara yang berbeda seperti saat menggorengnya. Roti canai digoreng dalam minyak yang cukup banyak sedangkan roti prata digoreng dalam minyak yang lebih sedikit.

(brl/mal)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya