Tak banyak yang tahu, 5 makanan ini bisa bantu redakan sakit kepala

Tak banyak yang tahu, 5 makanan ini bisa bantu redakan sakit kepala

Brilio.net - Salah satu penyakit yang seringkali menyerang banyak orang adalah sakit kepala. Penyakit ini pada umumnya akan muncul di sekitar kepala, bisa hanya terasa di sebagian atau di satu titik tertentu saja dan bisa juga terasa di seluruh bagian kepala.

Banyak faktor yang bisa menyebabkan munculnya penyakit sakit kepala. Mulai dari demam, flu, stres hingga karena berolahraga tanpa pemanasan. Apapun penyebabnya, yang pasti sakit kepala akan sangat mengganggu aktivitas sehari-hari.

Mungkin sebagian besar orang hanya akan mengobatinya dengan lebih banyak beristirahat dan meminum obat pereda sakit. Namun, beberapa bahan makanan yang biasa dikonsumsi ternyata mampu membantu meredakan sakit kepala. Bahkan ada yang sampai bisa menyembuhkan sakit kepala.

Mau tahu apa sajakah itu? Berikut lima makanan yang bisa bantu redakan sakit kepala, seperti dirangkum brilio.net dari berbagai sumber, Jumat (14/9).

1. Jamur.

Tak banyak yang tahu, 5 makanan ini bisa bantu redakan sakit kepala

foto: eatdrinkpaleo.com.au

Kandungan vitamin B2 yang tinggi pada jamur mampu menyembuhkan sakit kepala. Hal ini karena ketika sakit kepala muncul akibat terganggunya sel darah, vitamin B2 (riboflavin) merupakan salah satu nutrisi yang diyakini penting dalam menghasilkan energi sel. Selain menyembuhkan sakit kepala, vitamin B2 juga mampu meningkatkan energi penyerapan nutrisi dari makanan seperti karbohidrat, lemak dan protein. Dengan mengonsumsi jamur yang kaya akan vitamin B2, dapat mengurangi migrai hingga 50%.

2. Kentang panggang.

Tak banyak yang tahu, 5 makanan ini bisa bantu redakan sakit kepala

foto: thekitchn.com

Tidak hanya karena kekurangan cairan, sakit kepala juga dapat terjadi akibat tubuh yang kehilangan elektrolit seperti kalium. Nah mengonsumsi kentang panggang beserta kulitnya bisa menyembuhkan sakit kepala karena kandungan kalium yang tinggi hingga sebesar 721 mg di dalamnya. Bahkan kandungan kalium terbanyak pada kentang justru terdapat pada kulitnya.

3. Pisang.

Tak banyak yang tahu, 5 makanan ini bisa bantu redakan sakit kepala

foto: pinterest.com

Buah berwarna kuning ini memang dikenal mempunyai banyak khasiat bagi tubuh. Salah satunya adalah membantu meredakan sakit kepala. Kandungan magnesium yang tinggi pada pisang dapat meringankan migrain dan sakit kepala akibat stres. Magnesium juga dipercaya mampu melindungi tubuh dari sakit kepala dengan cara merelaksasi pembuluh darah yang menegang karena sakit kepala.

4. Yoghurt.

Tak banyak yang tahu, 5 makanan ini bisa bantu redakan sakit kepala

foto: nestlechoosewellness.com

Sakit kepala dapat terjadi karena ada yang salah dengan otak. Di mana otak membutuhkan kalsium untuk berfungs dengan baik. Mengonsumsi makanan kaya akan kalsium seperti yoghurt dapat membantu meredakan sakit kepala. Selain kaya akan kalsium, yoghurt rendah lemak juga mengandung bakteri baik yang keberadaannya baik bagi tubuh. Bahkan manfaat yoghurt ini didukung dengan sebuah penelitian yang dilakukan oleh University of Manchester kepada wanita dengan mengonsumsi yoghurt 4,4 ons selama satu bulan, mampu mengurangi rasa kembung dan sakit kepala hingga peradangan.

5. Kopi.

Tak banyak yang tahu, 5 makanan ini bisa bantu redakan sakit kepala

foto: afr.com

Menurut Guttler, seorang ahli toksikologi, ternyata kopi dapat mempunyai efek menenangkan penyakit migrain atau sakit kepala. Kandungan kafein dalam minuman pahit ini merupakan zat yang umum ditemukan dalam resep dan obat-obatan bebas untuk sakit kepala. Hal ini karena kafein dapat meredakan rasa nyeri dan 40% lebih efektif dalam mengobati sakit kepala.

(brl/pep)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya