Tak banyak yang tahu, 5 sayuran ini perlu dihindari saat sakit ginjal

10 / 10 / 2021 15:30 WIB Nur Luthfiana Hardian
Tak banyak yang tahu, 5 sayuran ini perlu dihindari saat sakit ginjal
unsplash.com

Brilio.net - Di dalam tubuh terdapat banyak organ penting yang mesti kita jaga kesehatannya. Masing-masing punya peran penting, satu dengan lainnya pun punya korelasi. Mulai dari jantung, paru-paru, hati, usus, hingga ginjal, dan organ lain. Itulah sebabnya mulai sedari dini stop memasukkan 'racun' ke tubuh.

Sejumlah limbah dan cairan ekstra dari tubuh selama ini disaring oleh ginjal dan keluar melalui urin. Tapi bagaimana jika ginjal sudah mengalami kerusakan alias nggak sehat? Dilansir dari webmd, itu karena ginjal sudah tidak dapat membuang produk limbah dari tubuh sebagaimana mestinya.

Apa yang kamu makan dan minum akan mempengaruhi kesehatan. Oleh sebab itu, kamu perlu memikirkan menu apa saja yang aman dikonsumsi. Terutama ketika kamu punya penyakit ginjal kronis (CKD). Bisa juga disebut 'diet ramah ginjal', yaitu membatasi makanan tertentu untuk mencegah mineral menumpuk di tubuh.

Mungkin tidak lagi mengonsumsi makanan atau minuman favorit. Sebab ada beberapa makanan, bahkan yang dikenal sehat seperti sayuran pun tidak boleh dikonsumsi penderita ginjal. Sederet sayuran yang mengandung mineral tinggi, natrium, kalium, potasium, dan fosfor yang bisa menekan ginjal hingga dapat menyebabkan lebih banyak kerusakan ginjal.


Semakin parah penyakit ginjal yang dialami, semakin banyak pula batasan makanan. Berikut lima sayuran yang harus dihindari oleh pasien penyakit ginjal, BrilioFood rangkum dari berbagai sumber pada Minggu (10/10).

1. Kentang.

sayuran dihindari ginjal pixabay

foto: freepik.com

Kentang adalah sayur uang tinggi akan potasium. Dikutip dari healthline, satu kentang panggang berukuran sedang (156 gram) sudah mengandung 610 mg potasium. Meskipun sudah dimasak dua kali, namun jumlah potasium yang cukup besar masih bisa terdapat pada kentang. Jadi yang terbaik adalah mengontrol porsinya untuk menjaga kadar potasium tetap terkendali.

2. Bayam.

sayuran dihindari ginjal pixabay

foto: freepik.com

Sayuran berdaun hijau seperti bayam kaya akan potasium. Malahan ketika bayam ini disajikan matang, kandungan potasium bisa makin meningkat. Meskipun ukuran porsinya menjadi lebih kecil saat dimasak, kandungan potasiumnya tetap sama.

3. Brokoli.

sayuran dihindari ginjal pixabay

foto: freepik.com

Sayur yang dikenal punya manfaat super ini ternyata juga harus dihindari bagi penderita ginjal. Sayuran ini dapat mempengaruhi kadar kalium dalam darah. Ketika brokoli disajikan matang pun tidak merubah kadar kaliumnya. Sebaiknya hindari terlebih dahulu, karena diet ramah ginjal dapat membantu kamu tetap sehat lebih lama.

4. Swiss chard atau lobak Swiss.

sayuran dihindari ginjal pixabay

foto: pixabay.com

Lobak Swiss termasuk sayuran bergizi tinggi. Kaya akan vitamin K dan baik buat kesehatan jantung. Tapi sayur ini juga dikenal tinggi potasium. Tak hanya potasium, lobak jenis ini juga mengandung mineral yang tinggi.

5. Bit hijau.

sayuran dihindari ginjal pixabay

foto: pixabay.com

Sayuran hijau yang tinggi oksalat dapat memicu terbentuknya batu ginjal. Bit hijau juga dapat merusak diet ramah ginjal. Alih-alih sehat, kalau tidak dikurangi porsinya justru bisa memperburuk kerusakan ginjal.

(brl/lut)
SELENGKAPNYA

Video

SELENGKAPNYA
SELENGKAPNYA