Tak banyak yang tahu, begini trik mengempukkan daging ayam kampung tanpa direbus

Tak banyak yang tahu, begini trik mengempukkan daging ayam kampung tanpa direbus
foto: YouTube/delicious foods feroyzi

Brilio.net - Daging ayam kampung dikenal dengan teksturnya yang alot. Walaupun begitu, banyak orang masih memilih tetap mengolah ayam kampung untuk berbagai masakan. Selain rasanya yang enak, daging ayam kampung punya nilai gizi yang lebih padat.

Dilansir dari vascoschicken.com, ayam kampung punya lebih banyak vitamin dan mineral dibandingkan ayam potong (broiler). Salah satunya adalah vitamin D yang berfungsi membantu penyerapan kalsium dalam tubuh. Vitamin D juga berperan mendukung pertumbuhan tulang dan gigi.

Padatnya nutrisi pada ayam kampung ini membuat banyak orang masih gemar mengonsumsinya. Sayangnya, tekstur daging ayam yang alot membuat proses pengolahannya pun cukup sulit. Tidak sedikit orang yang gagal dalam mengolah ayam kampung dan mendapati hasil daging yang masih keras walau sudah direbus dalam waktu lama sekalipun.

Memang, untuk mendapat tekstur ayam kampung yang empuk, butuh teknik tertentu. Biasanya sebagian orang memilih menggunakan presto yang ampuh mengempukkan bahan makanan alot seperti daging ayam kampung. Selain itu, ada juga teknik perebusan khusus jika ingin merebus ayam kampung di panci biasa supaya hasilnya empuk dan hemat gas.

Sebagian besar cara mengempukkan ayam kampung ini umumnya melibatkan proses perebusan. Padahal tahu nggak sih? Pada dasarnya daging ayam kampung ini bisa empuk tanpa perlu direbus terlebih dahulu, lho.

Walaupun tak populer, namun hal ini pernah dibuktikan oleh pengguna YouTube dengan channel bernama delicious foods feroyzi. Melalui salah satu unggahannya, dia membagikan trik mengempukkan daging ayam kampung tanpa melalui proses perebusan terlebih dahulu. Dengan cara apa, ya?

(brl/tin)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya