Tak banyak yang tahu, ini cara jitu menanak nasi agar tidak cepat basi

19 / 06 / 2022 18:31 WIB Nadhifah
Tak banyak yang tahu, ini cara jitu menanak nasi agar tidak cepat basi
TikTok/sayurbox

Brilio.net - Nasi menjadi asupan karbohidrat utama bagi banyak orang. Bahkan ada orang yang beranggapan kalau belum makan jika belum menyantap sepiring nasi. Oleh karenanya hampir di setiap rumah, pasti terdapat nasi yang telah dimasak untuk bisa disantap bersama aneka lauk.

Saat ini mengolah beras menjadi nasi cukup praktis karena tinggal dimasukkan ke rice cooker. Meskipun terbilang cukup mudah, namun masih banyak orang yang belum tahu trik supaya nasi tetap awet bahkan sampai esok hari, lho. Nasi yang masih bagus alias antibasi akan tetap memiliki cita rasa lezat saat dimakan.

Dilansir dari TikTok/@sayurbox jelaskan salah satu penyebab nasi menjadi tidak enak ketika dikonsumsi adalah karena tidak diaduk saat rice cooker sudah selesai memasaknya.

TikTok nasi basi  2022 brilio.net

foto: TikTok/sayurbox


Baru-baru ini salah satu warganet melalui akun TikTok @sayurbox membagian cara supaya nasi yang dimasak tidak mudah basi. Pada video tersebut ia menjelaskan kalau setelah nasi matang harus segera diaduk.

Seakan menguatkan hasil video TikTok itu, salah satu dosen Fisika dari Institut Teknologi Bandung (ITB) juga pernah mengunggah teori yang menggambarkan trik agar nasi awet.

Kalau tidak diaduk, nasi akan cepat basi. Mengapa demikian? Karena setelah nasi matang, masih ada air yang terperangkap antara butiran nasi. Air akan keluar melalui proses penguapan (difusi) dan prosesnya lama, tulis akun Facebook/Mikrajuddin Abdullah.

Ia juga menjelaskan bahwa salah satu trik lain supaya nasi awet adalah membuang sisa air yang terperangkap dalam rice cooker. Lalu sekalian lebih baik diaduk agar uap air yang tertahan di dalam nasi bisa ikut keluar.

"Ini serupa dengan material berpori di mana gas mudah melewatinya. Dengan demikian, jumlah air yang terperangkap dalam nasi berkurang dan nasi bisa awet cukup lama (tidak cepat basi), lanjutnya.

TikTok nasi basi  2022 brilio.net

foto: TikTok/sayurbox

Sejak diunggah pada 17 Juni 2022, video TikTok dari @sayurbox telah disukai hampir sepuluh ribu akun dan juga sudah telah dibagikan lebi dari tiga ribu kali.

Kalo kata ibu saya , air berasnya dikasih air jeruk sedikit, komentar akun @kiko dilansir BrilioFood dari akun TikTok/@sayurbox pada Minggu (19/6).

pakai peresi jeruk nipis pasti ga basi sampai 2 hati pun tidak akan basi dan tida akan berubah warna putih nya dan tidak asam pliis di coba deh, tulis akun TikTok/@veyla1205.

Aku masak nasi di kasi minyak jaetun sedikit sama di kasih bawang putih, kata akun TikTok/@Anna.

Aq sudah melakukan nya dr dl.. Alhamdulillah nasi jd aman ga cepet basi, tutur akun TikTok/@AdeBonte.

Sy mah.....sudah dari dulu begitu diaduk dulu kalo baru matang," papar akun TikTok/@tiktok.com/@ikke.

@sayurbox Udah pada tau belom cara simple penyelamat nasi di akhir bulan? #kitchenhacks #tips #tipsdapur #tipsandtricks #sayurbox Que Sera Sera by Billianne - Billianne

(brl/lut)
SELENGKAPNYA

Video

SELENGKAPNYA
SELENGKAPNYA