Tak banyak yang tahu, ini tanda telur rebus sudah matang

Tak banyak yang tahu, ini tanda telur rebus sudah matang
foto: TikTok/@rizky.liga

Brilio.net - Hampir semua orang di dunia nampaknya menyukai telur. Tak hanya punya rasa yang enak, tapi makanan satu ini juga tinggi nutrisi. Dilansir dari webmd.com, telur punya kadar protein tinggi yang bisa meningkatkan kolesterol baik di tubuh, menurunkan risiko stroke, dan lain sebagainya.

Telur bisa dimasak dengan berbagai cara sederhana. Mulai digoreng, diorak-arik, sampai olahan yang paling simpel dengan direbus. Meski terlihat gampang, namun bagi sebagian orang, merebus telur dianggap sulit. Pasalnya, telur yang tertutup cangkang membuat sulit dideteksi apakah sudah matang atau belum.

Ada banyak tips yang beredar tentang bagaimana cara mengecek kematangan telur. Ada yang harus dilihat dari buih di air rebusan, dilihat dari telur yang bergerak dengan mudah di air mendidih, ditiriskan untuk diputar di atas meja, bahkan sampai harus dipecahkan cangkangnya untuk melihat isinya.

Bagi sebagian orang, cara-cara tersebut memang kurang praktis. Oleh karena itu, tak sedikit juga yang mengandalkan timer saat merebus telur agar lebih mudah mengetahui kematangan telur. Selain itu, ternyata ada cara mudah buat mengetahui telur rebus sudah matang atau belum hanya dengan melihat cangkangnya, lho.

Cara tersebut dibagikan oleh salah satu pengguna TikTok bernama Rizky baru-baru. Lewat akun TikTok pribadinya, pemilik akun @rizky.liga ini membagikan cara mengetahui tingkat kematangan telur tanpa bantuan timer atau alat lainnya. Ia hanya cukup mengamati cangkangnya saja, lho.

"Sefruit TIPS Cara tau telur rebus udah matang atau belum ala Pro (ga pake dikupas atau diketok2 dulu)," tulisnya di TikTok/@rizky.liga, dilansir BrilioFood pada Minggu (21/8).

Dengan panci kecil berisi air yang penuh, ia merebus tiga butir telur ayam di dalamnya. Semula ia tunggu terlebih dahulu sampai air rebusannya mendidih. Kemudian, secara hati-hati, dengan menggunakan sendok stainless steel, ia angkat satu persatu telurnya.

Tak banyak yang tahu, ini tanda telur rebus sudah matang

foto: TikTok/@rizky.liga

Sembari diangkat, Rizky pun mengamati bagian cangkang telur. Jika saat diangkat cangkang telurnya masih tetap basah dan tak kunjung mengering dalam waktu cukup lama, menurutnya bisa dipastikan telur rebusnya masih belum matang. Ia pun mengembalikan telurnya ke dalam air rebusan untuk memasaknya kembali beberapa saat.

"Kulit telur basah & lama keringnya = BELUM MATANG," tulisnya di TikTok/@rizky.liga.

Tak banyak yang tahu, ini tanda telur rebus sudah matang

foto: TikTok/@rizky.liga

Nah, tak lama kemudian, ia coba mengangkat dan melihat kondisi cangkang telur rebusnya kembali. Jika saat telur diangkat, cangkangnya langsung terlihat mengering dengan sendirinya, berarti telur sudah matang dan siap disantap. Hanya dengan begitu saja, masak telur rebus jadi sangat mudah, kan?

Tak banyak yang tahu, ini tanda telur rebus sudah matang

foto: TikTok/@rizky.liga

Lewat video yang sudah mendapat lebih dari ratusan ribu likes ini pun, unggahan Rizky mendapat banyak komentar dari warga TikTok lainnya. Sebagian dari mereka berterima kasih karena sudah membagikan cara mudah untuk mengetahui telur rebus sudah maupun belum matang.

@rizky.liga Sefruit TIPS Cara tau telur rebus udah matang atau belum ala Pro (ga pake dikupas atau diketok2 dulu) #tipsmasak #tipsmasaksimple #reseptiktok #masakdirumah #masakansimple #cooking #samasamabelajar #fyp #belajarmasak Paro - Speed Up - Nej

"Makasiii bang tipsny," ujar TikTok/@Astrophile.

"Tips biar gampang ngupas telurnya : waktu di rebus kasih garam setengah sendok teh," tambah TikTok/@Q2 shop.

"Ooooalaaa makasih bang wkwkwkkw baru tau," ungkap TikTok/@b for bingung.

"Waa bermanfaat bgt, thank you, kak!" kata TikTok/@Diwarnain.

"Nah nice info kadang msh suka tebak” ini udah mteng blm ya ujung”nya bablas kelamaan," tulis TikTok/@HappyEat.

(brl/mal)
SELENGKAPNYA
SELENGKAPNYA