Trik bikin adonan bakwan agar tidak berair saat disimpan di kulkas, tak banyak yang tahu

Trik bikin adonan bakwan agar tidak berair saat disimpan di kulkas, tak banyak yang tahu
foto: YouTube/RM official cooking

Brilio.net - Bakwan menjadi salah satu makanan yang digemari oleh banyak orang. Camilan satu ini juga memiliki nama berbeda di setiap daerahnya, seperti di Jawa Barat disebut bala-bala, di Malang dikenal weci, dan ote-ote di Surabaya.

Bakwan sendiri biasanya terbuat dari irisan kubis, wortel, tauge yang dicampur dengan adonan tepung terigu lalu digoreng dalam minyak goreng yang cukup banyak. Bahkan sebagian orang sengaja menambahkan jagung yang sudah dipipil ke dalam adonan bakwan untuk menambahkan cita rasa.

Meskipun bakwan bisa dengan mudah ditemukan di luaran sana, namun apa salahnya jika kamu membuatnya sendiri di rumah? Selain bisa berkreasi dengan menambahkan bahan sesuai selera, kamu juga bisa menjadikan adonan bakwan menjadi stok. Iya, stok ini bisa digoreng sewaktu-waktu saat kamu ingin menikmati bakwan.

Stok adonan bakwan ini bisa dimasukkan ke dalam kulkas agar tidak basi. Meski begitu, banyak orang yang mengalami adonan bakwannya berubah tekstur saat disimpan di dalam kulkas. Tekstur bakwan menjadi berair sehingga saat digoreng, bentuknya akan akan sangat tipis dan tidak enak lagi.

Usut punya usut, hal ini terjadi apabila kamu tidak menggunakan bahan yang tepat pada saat membuat adonan bakwan. Oleh karena itu, kamu bisa meniru apa yang dilakukan oleh pengguna YouTube RM official cooking. Selain resep, ia juga memberikan tutorial bagaimana cara membuat adonan bakwan yang tidak berair meski disimpan di dalam kulkas.

Dilansir BrilioFood dari YouTube RM official cooking pada Sabtu (21/1), siapkan terlebih dahulu topping bakwan yang berisi, irisan wortel, kubis, daun bawang, dan cabai merah. Cuci bersih lalu tiriskan.

Trik bikin adonan bakwan agar tidak berair saat disimpan di kulkas, tak banyak yang tahu

foto: YouTube/RM official cooking

(brl/tin)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya