Tak cuma pakai tepung beras, ini trik meracik adonan rempeyek agar lebih renyah dan super gurih

Tak cuma pakai tepung beras, ini trik meracik adonan rempeyek agar lebih renyah dan super gurih
foto: YouTube/Ceceromed Kitchen

Brilio.net - Dikenal punya tekstur renyah, peyek atau rempeyek kerap dijadikan sebagai pengganti kerupuk saat makan berat. Isian rempeyek yang beragam juga memperkaya cita rasa pada jenis gorengan satu ini. Nggak cuma enak, proses pembuatannya pun cenderung simpel.

Biasanya, rempeyek dibuat dari bahan dasar tepung yang dicampur dengan air, penyedap, dan isian seperti kacang tanah, udang, atau ikan. Semua adonan tersebut kemudian digoreng dalam minyak yang panas.

Namun berbeda dari gorengan pada umumnya yang terbuat dari tepung terigu, rempeyek ini justru dibuat dari tepung beras sebagai bahan dasarnya. Peran tepung beras ini berfungsi sebagai pengikat bahan isian pada rempeyek supaya menyatu dengan baik. Selain itu, tepung beras juga yang menjadi kunci utama dari kerenyahan rempeyek ini.

Tapi tahu nggak sih? Sebenarnya ada bahan lain yang perlu ditambahkan untuk menghasilkan adonan rempeyek yang lebih renyah. Salah satu pengguna YouTube bernama Ceceromed Kitchen pernah membuktikan hal tersebut.

"Rempeyek yang adonannya nggak hanya tepung beras. Ini tipis banget dan fragile, mudah pecah. Dipegang juga harus hati-hati karena gampang patah," kata pemilik akun YouTube Ceceromed Kitchen dikutip BrilioFood pada Rabu (25/1).

(brl/tin)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya