Tak disangka, 4 kuliner Indonesia ini berasal dari resep Belanda lho

Tak disangka, 4 kuliner Indonesia ini berasal dari resep Belanda lho

Brilio.net - Indonesia memang sudah terkenal dengan beragam kuliner yang bisa memanjakan lidah setiap orang, termasuk wisatawan asing. Hal ini terbukti dengan masuknya beberapa kuliner khas Indonesia dalam deretan makanan terlezat di dunia.

Meski cita rasa masakan Indonesia lebih banyak yang menggunakan bumbu dan rempah-rempah, nyatanya kini beberapa makanan khas Indonesia sudah dapat dinikmati di beberapa negara di berbagai negara. Mulai dari benua Amerika, Australia, hingga Eropa.

Namun demikian, sejarah Indonesia yang pernah menjadi negara jajahan Belanda selama ratusan tahun mempengaruhi sebagian aspek kehidupan masyarakat Indonesia. Tidak terkecuali aspek kuliner. Beberapa kuliner Indonesia ini ternyata awalnya merupakan resep warisan dari Belanda.

Apa saja makanan Indonesia yang berasal dari resep Negeri Oranye tersebut? Yuk simak infromasinya di bawah ini seperti dilansir brilio.net dari travelingyuk.com, Senin (5/3).

1. Lapis Legit.

Tak disangka, 4 kuliner Indonesia ini berasal dari resep Belanda lho

foto: sipendik.com/ohmydish.com

Kue yang terdiri dari lapisan-lapisan kue ini kerap ditemukan dalam berbagai momen dan digemari banyak orang. Kue yang memiliki rasa manis ini ternyata terinspirasi dari resep cake Belanda yang bernama spekkoek. Nah spekkoek sendiri merupakan jenis kue berlapis yang dibuat dari campuran telur, tepung dan gula. Kemudian diperkaya dengan aneka rempah seperti cengkeh, kayu manis, adas dan kapulaga.

2. Perkedel.

Tak disangka, 4 kuliner Indonesia ini berasal dari resep Belanda lho

foto: bolakeluarga.com/dieplicious.com

Makanan pelengkap sop dan soto ini memang merupakan salah satu makanan favorit orang Indonesia. Tapi tahukah kamu bahwa makanan ini ternyata berasal dari resep masakan Belanda yang memiliki nama asli frikadeller. Sama seperti di Indonesia, di negeri asalnya frikadeller juga mempunyai bentuk bulat dan agak pipih. Perbedaannya terdapat pada penggunaan bahan baku. Jika perkedel terdiri dari campuran kentang tumbuk dan daging giling, frikadeller hanya terbuat dari daging saja. Selain di Belanda, frikadeller juga terkenal di beberapa negara Eropa, seperti Jerman dan Swedia.

3. Semur.

Tak disangka, 4 kuliner Indonesia ini berasal dari resep Belanda lho

foto: resepumi.com dan Twitter/@Vegebutcher

Kuliner yang berupa makanan berkuah yang berisi potongan daging sapi ini dikenal karena cita rasa manis yang berasal dari kecap. Meski begitu akrab dilidah Indonesia, nyatanya kuliner yang satu ini juga merupakan salah satu resep masakan Belanda yang bernama asli smoor. Resep kuliner ini ditemukan dalam sebuah buku resep tertua di Hindia Belanda yang bernama Groot Nieuw Oost-Indisch Volledig Kookboek.

4. Kue Cubit.

Tak disangka, 4 kuliner Indonesia ini berasal dari resep Belanda lho

foto: pergikuliner.com dan ohmydish.com

Siapa sih nggak kenal sama kuliner manis yang satu ini? Jajanan ini namanya kembali populer beberapa waktu terakhir. Namun siapa yang menyangka jika ternyata kue cubit berasal dari resep kue Belanda bernama poffertjes. Di Belanda, panganan manis ini terbuat dari tepung terigu, susu, telur dan mentega yang kemudian dicetak dalam loyang berbentuk bulat. Poffertjes biasa dihidangkan dnehan taburan gula putih bubuk dan disantap sebagai makanan pendamping teh atau kopi.

(brl/del)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya