Tak hanya ayam betutu, makanan khas Bali ini juga tak kalah enak

Tak hanya ayam betutu, makanan khas Bali ini juga tak kalah enak

Brilio.net - Bali merupakan salah satu destinasi wisata yang sudah sangat terkenal bahkan sampai ke mancanegara. Tak hanya keindahan alam dan keramahan penduduknya saja, tapi juga wisata kulinernya yang sangat beragam.

Pulau Dewata terkenal dengan kuliner khasnya yaitu ayam betutu dan sate lilit. Namun, ternyata Bali memiliki kuliner baru yang tak kalah lezatnya dengan kedua makanan tersebut.

Ternyata, bebek timbungan merupakan salah satu sajian terkenal dan tertua khas Bali. Pada mulanya makanan ini hanya dihidangkan pada ritual-ritual upacara adat Bali saja. Tak heran bila bebek timbungan hanya bisa ditemukan saat Hari Raya Galungan.

Timbungan sendiri berasal dari kata embung atau timbung yang memiliki arti bambu. Jadi, Bebek timbungan adalah hidangan daging bebek yang dimasak dengan bumbu basa genep (racikan bumbu utama khas Bali) menggunakan bilah bambu.

"Bebek Timbungan menjadi kuliner khas Bali yang harus dicoba, dijamin maknyus" ujar Menteri Pariwisata, Arief Yahya dalam siaran pers yang brilio terima, Senin (18/2).

Menpar Arief mengatakan bebek timbungan diharapkan bisa semakin melengkapi kuliner tradisional yang ada di Pulau Dewata, seperti ayam betutu, sate lilit, atau sayur plecing kangkung yang selama ini menjadi daya tarik kuliner yang terkenal di Bali.

"Saya berharap Bebek timbungan semakin melengkapi kuliner di Bali dan diminati oleh wisatawan berlibur ke Bali,” jelasnya.

Kelezatan bebek timbungan didapat dari olahan bumbu dan rempah serta sajian bebek yang dimasak hingga empuk. Apalagi ditambah nikmat jika disantap dengan nasi putih panas dan sambal matah yang juga khas Bali. Sajian khas dan istimewa yang dihidangkan dengan mempertahankan komposisi dan cara pengolahan sesuai dengan resep warisan leluhur.

(brl/lea)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya