Tak perlu air panas atau direndam, ini cara cepat bersihkan whisk mixer dari adonan yang lengket

Tak perlu air panas atau direndam, ini cara cepat bersihkan whisk mixer dari adonan yang lengket
YouTube/GENUK BOLU

Brilio.net - Rahasia olahan kue, bolu, serta roti yang enak sudah pasti ada pada proses pembuatan adonannya. Jika adonan yang dibuat hasilnya sesuai tekstur dan rasa yang diinginkan, pastinya jadi kebanggaan tersendiri usai bikin kue, bolu, maupun roti. Umumnya, adonan untuk ketiga hidangan ini dibuat pakai tepung sebagai bahan utamanya.

Nah, biar tepung serta bahan pelengkap lainnya bisa menyatu dengan sempurna dan lebih mengembang, dibutuhkan proses mengaduk yang tepat pula. Di pasaran, sudah banyak dijual alat khusus untuk membuat adonan, salah satunya mixer. Nah, mixer sendiri terbagi lagi jadi beberapa jenis, tapi satu hal yang pasti, semua jenis mixer memiliki whisk untuk mengaduk adonan.

Bukan hanya bisa membantu tekstur adonan jadi lebih bagus, mengaduknya pakai mixer juga membantu menghemat waktu karena cara kerja mixer sudah pasti lebih cepat dibanding mengaduk pakai tangan. Namun, usai bikin adonan pakai mixer, whisknya selalu dipenuhi adonan yang bisa lengket dan cenderung sulit hilang saat dibersihkan.

Alhasil, banyak orang memilih membersihkan whisk mixer ini dengan cara direndam selama berjam-jam maupun disiram air panas biar sisa adonan yang lengket cepat hilang. Tapi, ternyata nggak melulu pakai dua cara itu saja, lho. Salah seorang warganet di akun YouTube GENUK BOLU punya alternatif cara lain untuk membersihkan whisk mixer, nih.

"Ini tips agar lebih cepat membersihkan spatula mixer," ujarnya, dikutip BrilioFood dari YouTube GENUK BOLU pada Rabu (22/3).

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya