Tak perlu baking soda dan cuka, ini cara bersihkan kerak gosong di pantat panci pakai satu bahan

Tak perlu baking soda dan cuka, ini cara bersihkan kerak gosong di pantat panci pakai satu bahan
YouTube/SERABUT

Brilio.net - Siapa saja yang gemar memasak, pasti sering mendapati peralatan dapur seperti panci bagian bawah atau pantatnya tak lagi mulus. Pasalnya, peralatan dapur tersebut sering dipakai masak, terkena panas, jadi bagian bawahnya berubah gosong.

Kalau bagian gosong ini didiamkan terus menerus akan berubah jadi kerak, lho. Pada akhirnya akan sulit dibersihkan walau sudah dicuci pakai sabun. Alhasil, banyak orang memilih mengerahkan tenaga untuk mengikisnya pakai pisau maupun sikat selama berjam-jam sampai nodanya hilang. Di sisi lain, banyak pula yang membeli bahan pembersih khusus biar lebih cepat.

Bagi kamu yang sedang mencari panci yang berkualitas jangan lupa perhatikan bahan dan bahkan multifungsinya juga. Dengan panci estetik, kamu tak hanya bisa menggunakannya di atas kompor namun juga dijadikan pilihan untuk menyajikan makanan di atas meja. Cek rekomendasi panci estetik yang nggak nguras kantong di bawah ini.

Tapi, ada pula sejumlah bahan dapur yang kerap dimanfaatkan untuk membersihkan pantat panci ini, lho. Misalnya baking soda, garam, cuka, sampai citric acid (sitrun). Namun, rupanya ada satu bahan yang jauh lebih simpel lagi untuk membantu membersihkan kerak gosong pada pantat panci, nih. Hal ini pernah diperlihatkan oleh akun YouTube SERABUT.

"Jadi cara ini tidak perlu membeli bahan atau alat khusus untuk membersihkannya, kita hanya memanfaatkan bahan-bahan yang sudah ada di rumah tangga ya, ini pasti semua ada bahan untuk membersihkannya ini," jelasnya, dikutip BrilioFood dari YouTube SERABUT padaJumat (3/3).

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya