Tak perlu beli baru, ini cara mudah bersihkan burner kompor gas menghitam dan berkarat

Tak perlu beli baru, ini cara mudah bersihkan burner kompor gas menghitam dan berkarat
YouTube/Darmawan Geranting

Brilio.net - Burner komporgas dikenal sebagai piringan berbentuk bulat yang dapat memancarkan api saat kompor dinyalakan. Alat ini bekerja sebagai sarana bertemunya gas dan oksigen agar api bisa muncul. Rongga-rongga kecilnya juga dapat menghantarkan panas secara merata saat memasak.

Jika kompor sering digunakan, otomatis burner lama kelamaan akan berubah jadi hitam. Bahkan, jika tak segera dibersihkan, bagian lubang burner bisa-bisa tersumbat oleh karat, lho. Jika sudah terjadi hal demikian, api kompor berisiko tidak menyala dengan sempurna dan warna apinya pun tak lagi biru, melainkan merah.

Nah, salah seorang warganet bernama Darmawan sempat membagikan cara membersihkan burner kompor lewat unggahan di akun YouTube pribadinya. Selain biar bersih, supaya fungsi burner untuk membantu kerja kompor tetap baik dalam jangka waktu lama. Menurutnya, cara membersihkan burner juga dapat diterapkan setiap dua atau tiga bulan sekali agar kompor dapat awet selama 10 sampai 15 tahun.

"Jadi kalau kita rajin (membersihkan burner kompor) dalam 2 atau 3 bulan sekali, ini bisa awet 10 sampai 15 tahun," jelasnya, dikutip BrilioFood dari YouTube Darmawan Geranting padaKamis (5/1).

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya