Tak perlu dicongkel dengan sendok atau pisau, ini cara bersihkan sisa gula di panci

Tak perlu dicongkel dengan sendok atau pisau, ini cara bersihkan sisa gula di panci
TikTok/@jasmineandtea

Brilio.net - Sejumlah camilan ada yang dibuat pakai campuran gula cair. Contohnya seperti gemblong, intip goreng, popcorn karamel, tanghulu, dan lain sebagainya. Nah, untuk mencairkan gula, cara yang biasa dilakukan yakni dengan merebusnya di atas panci. Saat terkena panas api kompor, lambat laun gula akan meleleh.

Namun, kalau sudah selesai dimasak dan gula cair tersebut jadi dingin, nantinya gula akan otomatis mengeras lagi, lho. Jika sudah mengeras, sudah pasti sisa gula di panci tersebut sangat sulit dihilangkan. Kalau dicuci pakai air dan sabun begitu saja, bisa-bisa butuh waktu sangat lama sampai sisa gula bisa hilang.

Alhasil, banyak orang memutuskan untuk mencongkel sisa gula yang mengering di panci tersebut menggunakan sendok maupun pisau. Tetapi, risikonya lapisan panci bisa-bisa tergores, lho. Hal ini bukan hanya mengganggu penampilan panci, tapi juga berbahaya untuk kesehatan apabila lapisan panci bercampur dengan masakan dan dikonsumsi.

Salah seorang warganet juga punya pengalaman seputar membersihkan sisa gula yang ada di panci, nih. Ia mengaku tak perlu repot-repot menggosok atau mencongkel sisa gula di panci lantaran ada cara lain yang jauh lebih mudah. Lantas, penasaran gimana caranya?

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya