Tak perlu diganti baru, ini cara memperbaiki pengait tutup rice cooker yang rusak

Tak perlu diganti baru, ini cara memperbaiki pengait tutup rice cooker yang rusak
foto: YouTube/DP CHANNEL

Brilio.net - Rice cooker menjadi salah satu alat elektronik yang memiliki peranan cukup penting. Bagaimana tidak, hampir setiap hari alat satu ini digunakan untuk memasak nasi. Tak jarang, karena selalu sering digunakan, menjadi hal yang lumrah apabila terdapat kerusakan pada rice cooker.

Selain rice cooker yang tak panas, salah satu masalah yang kerap terjadi adalah pengait tutup rice cooker yang copot. Padahal, bagian ini memiliki fungsi yang cukup penting. Yakni, sebagai kunci agar tutup rice cooker tertutup rapat sehingga tidak ada udara yang masuk ke dalamnya.

Apabila pengait tutup rice cooker ini rusak, akibatnya bagian dalam rice cooker menjadi tidak tertutup rapat. Tentunya hal itu akan berpengaruh pada kualitas nasi yang ada di dalamnya. Selain menjadikan nasi dingin, hal ini juga bisa menyebabkan nasi cepat basi meski sudah disimpan di dalam rice cooker.

Nasi yang terlanjur basi, tentunya tidak bisa dikonsumsi lagi sehingga akan dibuang percuma. Sangat disayangkan, bukan? Sebagai solusinya, sebagian orang memperbaiki pengait tutup rice cooker dengan menekannya secara paksa. Padahal, hal tersebut malah berisiko membuat bagian pengait patah.

Untuk meminimalisir hal itu terjadi, kamu bisa meniru apa yang dilakukan oleh seorang warganet pengguna YouTube DP CHANNEL. Dalam videonya, ia menunjukkan cara memperbaiki pengait tutup rice cooker tanpa perlu mengganti satu bagian apapun.

Dilansir BrilioFood dari YouTube DP CHANNEL, Sabtu (21/1), untuk mempraktikkan cara ini, kamu perlu menyiapkan satu buah obeng guna membuka bagian baut yang ada di tutup rice cooker.

(brl/tin)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya