Tak perlu digosok, ini cara simpel bersihkan microwave dengan cepat

Tak perlu digosok, ini cara simpel bersihkan microwave dengan cepat
foto: TikTok/@carolina.mccauley

Brilio.net - Peralatan elektronik seperti microwave memang sangat berguna untuk meringankan beban saat memasak. Alat dapur satu ini sangat membantu dalam menghangatkan makanan tanpa harus repot menyalakan kompor gas. Tak salah, kalau alat masak satu ini kini banyak digunakan oleh orang.

Namun sebagaimana alat elektronik lain yang kerap digunakan, microwave juga perlu diperhatikan dan dirawat dengan baik agar tetap bersih dan awet. Karena tanpa sadar, penggunaan microwave yang terlalu sering dapat mengakibatkan bagian dalamnya justru kotor.

Jika dibiarkan, kotoran tersebut bisa meninggalkan kerak dan jadi sumber kuman yang justru bisa berpengaruh pada kualitas makanan. Tidak hanya jadi sarang bakteri, microwave yang kotor juga dapat menimbulkan bau tak sedap. Maka dari itu, membersihkan microwave perlu dilakukan secara rutin.

Mungkin bagi sebagian orang, membersihkan bagian dalam microwave nggak semudah bagian luarnya. Hal ini lantaran kerak atau kotoran yang membandel terlanjur sulit dibersihkan dan harus digosok menggunakan spons dengan sekuat tenaga. Tak hanya itu, beberapa bagian yang sulit dijangkau juga jadi PR tersendiri.

Padahal ada cara simpel yang bisa diterapkan dalam membersihkan microwave, lho. Kamu bisa meniru trik yang dibagikan pemilik akun TikTok/@carolina.mccauley. Lewat unggahannya, ia tips simpel cara membersihkan microwave tanpa perlu digosok sekuat tenaga. Dilansir BrilioFood pada Rabu (24/8), pengguna TikTok tersebut cukup menyiapkan dua bahan untuk membersihkan microwave.

Berdasarkan video unggahannya, pemilik akun TikTok tersebut cukup menggunakan cuka putih dan sabun cair. Pertama-tama, tuang cuka putih ke dalam mangkuk kaca atau mangkuk lain yang tahan panas berisi air dengan jumlah yang cukup banyak. Kemudian tambahkan sabun cair secukupnya ke dalam cuka putih tersebut.

Tak perlu digosok, ini cara simpel bersihkan microwave dengan cepat

foto: TikTok/@carolina.mccauley

Kemudian masukkan mangkuk tersebut ke dalam microwave dan panaskan hingga 3 menit. Setelah itu, biarkan microwave tertutup selama 5 menit. Hal ini berguna untuk membuat uap dari mangkuk menyebar ke seluruh bagian dalam microwave.

"The steam will loosen up any grime (uapnya akan menghilangkan kotoran apa pun)," ungkap sang pemilik video tersebut.

Tak perlu digosok, ini cara simpel bersihkan microwave dengan cepat

foto: TikTok/@carolina.mccauley

Cuka putih dan sabun memang kerap dimanfaatkan untuk menghilangkan kotoran yang membandel di permukaan suatu benda. Dilansir dari nfs.org, asam dalam cuka sangat efektif dalam mengangkat kotoran, moda, serta bakteri dari permukaan benda. Selain itu, penggunaan sabun cair juga dapat memaksimalkan kotoran terangkat dengan lebih mudah.

Tak perlu digosok, ini cara simpel bersihkan microwave dengan cepat

foto: TikTok/@carolina.mccauley

Setelah didiamkan beberapa saat, kemudian buka microwave dan keluarkan mangkuk berisi cuka dan sabun tersebut. Kemudian cukup bersihkan sisa kotoran yang masih menempel di dalam microwave dengan lap kain tanpa perlu digosok dengan keras. Kotoran dan sisa makanan pun akan lebih mudah hilang.

Tak perlu digosok, ini cara simpel bersihkan microwave dengan cepat

foto: TikTok/@carolina.mccauley

Ditonton lebih dari satu juga kali, video tersebut pun sontak menarik perhatian warganet. Cara simpel bersihkan microwave dengan mengandalkan dua bahan sederhana ini pun banyak ditiru. Beberapa warganet yang sudah mempraktikannya bahkan mengaku cara ini cukup ampuh.

"I need this! Thank you (aku butuh ini! Terima kasih)," kata akun TikTok/@nextlesson.

"I do this all the time (aku melakukan ini setiap saat)," ujar pemilik akun TikTok/@lami.ast90.

"I just did this in our microwave and wow wow it come up like brand new (aku melakukan cara ini di microwave ku dan wow jadi seperti baru)," ungkap akun TikTok/@someausiegirl

"Same microwave as mine thanks for the tip (microwave yang sama dengan milikku, terima kasih atas tipnya)," sahut pengguna TikTok/@andlieb5.

@carolina.mccauley Microwave cleaning hack using only 2 ingredients #cleaninghacks #kitchenhacks #winterishere #hometips #lifehacks #homehacks good 4 u - Olivia Rodrigo

Selain menggunakan cuka dan sabun, bisa juga dengan menambahkan air lemon ke dalam campuran air saat hendak membersihkan microwave. Beberapa warganet pun turut mengungkapkan bahwa lemon juga cukup efektif dalam menghilangkan noda di microwave.

"Water & fresh lemon juice do the same or more better (air & jus lemon segar juga sama-sama ampuh, bahkan lebih baik)," papar TikTok/@indikaur.

"I do this but with lemon instead of dish soap (aku melakukan ini tapi dengan lemon bukan dengan sabun cuci piring)," kata akun TikTok/@rebeccadawson20.

(brl/mal)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya