Tak perlu dimasak lagi, begini trik cepat membuat lontong dari nasi sisa semalam

Tak perlu dimasak lagi, begini trik cepat membuat lontong dari nasi sisa semalam
TikTok/@daniarmci5

Brilio.net - Lontong termasuk salah satu kuliner khas Indonesia. Dulu masyarakat kerap mengonsumsi lontong pada saat momen spesial seperti Lebaran. Namun kini, lontong juga sering dikonsumsi sebagai menu makan sehari-hari bersama lauk pauk atau menu sayur berkuah.

Menilik dari proses pembuatannya, lontong biasanya diracik dari bahan dasar beras kemudian dibalut daun pisang. Beras ini lantas dimasak dengan cara direbus di air yang cukup banyak. Nah, proses inilah yang kemudian mengubah tekstur beras jadi lebih lembut dan padat.

Walau tampak mudah, namun sebagian orang justru enggan membuat lontong sendiri di rumah. Bukan tanpa alasan, proses perebusan lontong biasanya memakan waktu yang cukup lama, hingga 30-60 menit. Waktu perebusan tersebut juga biasanya membuat boros gas, nih.

Padahal sebenarnya lontong bisa dibuat dengan proses yang sangat praktis, lho. Sama halnya yang dilakukan oleh pengguna TikTok bernama @daniarmci5. Cukup bermodal nasi sisa, dia mampu membuat lontong tanpa proses pemasakan lagi.

"Nasi sisa semalam jangan dibuang, kita buat lontong praktis," kata TikTok @daniarmci5 dikutip BrilioFood pada Minggu (12/2).

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya