Tak perlu direndam air, begini cara membedakan telur yang masih segar dan sudah busuk

Tak perlu direndam air, begini cara membedakan telur yang masih segar dan sudah busuk
foto: TikTok/@amanahjayatelur; Unsplash/Erol Ahmed

Brilio.net - Telur bisa jadi sumber protein ideal untuk dikonsumsi sehari-hari. Nggak heran, jika banyak orang selalu menyimpan stok telur di rumah buat jadi bahan makanan. Dilansir dari keckmedicine.org, telur tak hanya mengandung protein, tetapi makanan ini juga kaya akan lemak tak jenuh, vitamin B6, B12, juga D yang bisa jaga tubuh sehat secara keseluruhan.

Namun, seperti bahan alami lainnya yang sering dijadikan bahan makanan, telur juga bisa membusuk sebelum sempat dikonsumsi. Dilansir dari onlinelibrary.wiley.com, telur dapat membusuk bisa dikarenakan berbagai hal, misalnya tidak dibersihkan dengan benar, cara penyimpanannya kurang tepat, terlalu lama disimpan, maupun cangkangnya sudah pecah.

Jika sudah memilih telur yang bagus dan tahu cara menyimpannya dengan tepat, dilansir dari rd.com, telur bisa tahan hingga dua bulan lamanya, lho. Umumnya, telur dipercaya lebih bagus dan tahan lama apabila disimpan di kulkas. Buat yang masih khawatir dengan kondisi telur yang ingin dikonsumsi, kamu bisa melakukan berbagai cara untuk mengetahui apakah telur masih segar maupun tidak.

Salah satu cara yang sering dipraktikkan kebanyakan orang adalah dengan merendam telur di dalam air. Jika telur tenggelam saat dimasukkan ke air, artinya telur masih segar dan aman untuk dikonsumsi. Sebaliknya, jika telur mengapung di air, bisa jadi telur sudah busuk. Selain pakai air, ada pula cara lainnya yang nggak kalah gampang, nih. Cara ini sempat dibagikan warganet di TikTok.

"cara mengecek telur busuk atau tidak," ujar pemilik TikTok @amanahjayatelur, dikutip BrilioFood pada Kamis (29/12).

Alat yang dibutuhkan hanya lampu senter. Arahkan sinar lampu ke semua sisi telur dan amati bagian cangkang telurnya. Jika cahaya dari lampu menembus ke cangkang telur dan sinarnya cerah dari bagian dalam telur, artinya telur tersebut masih segar dan kondisinya baik untuk dikonsumsi.

Tak perlu direndam air, begini cara membedakan telur yang masih segar dan sudah busuk

foto: TikTok/@amanahjayatelur

(brl/tin)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya