Tak perlu pisau, ini cara cepat memisahkan cabai kering dari bijinya

Tak perlu pisau, ini cara cepat memisahkan cabai kering dari bijinya
foto: TikTok/@datinz.k

Brilio.net - Cabai merupakan bumbu dapur andalan banyak orang untuk menambah rasa pedas pada masakan. Namun, sejumlah resep hidangan nggak melulu diolah jadi pedas, sehingga kerap biji cabai harus dipisahkan terlebih dahulu. Tahukah kamu, biji cabai ini menghasilkan rasa pedas karena mengandung senyawa kimia bernama kapsaisin, lho.

Selain karena mengikuti resep asli masakan, banyak pula yang memang sengaja membuang biji cabai ini lantaran tak kuat dengan rasa pedasnya. Biji cabai memang dikenal bisa membuat lidah terasa terbakar, terutama jenis-jenis cabai tertentu seperti cabai rawit, gendot, habanero, dan lain-lain.

Cabai yang digunakan untuk memasak pun nggak melulu yang segar, lho. Tak sedikit orang yang memilih menggunakan cabai kering biar masa simpannya lebih lama. Namun, biji dari cabai kering lebih sulit dipisahkan daripada cabai yang masih segar. Karena saat kering, bentuk cabai sudah berkerut dan cenderung sulit untuk dibelah.

Rupanya, ada cara memisahkan cabai kering ini tanpa harus ribet membelahnya pakai pisau satu persatu, lho. Cara ini dibagikan lewat video dari seorang pengguna TikTok asal Malaysia bernama Datin. Lewat video yang ia unggah pada 2021 silam, ia memisahkan cabai kering dari bijinya hanya dalam hitungan detik saja.

(brl/mal)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya