Tak perlu waktu lama, begini cara mengolah jamur kuping kering agar teksturnya kenyal

Tak perlu waktu lama, begini cara mengolah jamur kuping kering agar teksturnya kenyal
foto: YouTube/Mba Iya Channel

Brilio.net - Jamur kuping termasuk salah satu jenis jamur yang sering dimanfaatkan untuk olahan masakan. Misalnya diolah dijadikan campuran sup atau ditumis. Teksturnya yang kenyal dan sedikit renyah memberikan sensasi tersendiri saat mengunyahnya.

Di pasaran, jamur kuping ini biasanya dijual dalam dua bentuk. Ada jamur yang dijual dalam kondisi segar dan berbentuk kenyal. Ada juga jamur kuping yang dijual dalam bentuk yang kering.

Biasanya jamur kuping kering ini cenderung lebih awet, sehingga lebih banyak ditemukan di pasaran dibandingkan jamur kuping segar. Namun perlu diketahui, jamur kuping dalam bentuk kering tidak bisa dikonsumsi langsung karena teksturnya yang kaku. Hal ini membuat jamur kuping perlu diolah tersebut dahulu.

Kamu bisa meniru cara mengolah jamur kuping kering seperti dalam video YouTube milik Mba Iya Channel. Dalam video tersebut, dia memberikan tutorial mengolah jamur kuping kering dengan mudah. Proses pengolahan ini bisa mengubah tekstur jamur kuping supaya lebih layak dimasak.

"Ini bikin jamur kuping berubah jadi lunak, kenyal, ya. Kalau untuk dimasak kan dia harus kenyal, gitu. Sedangkan kalau beli di supermarket dan di pasar, itu bentukannya masih kering, kaku," ujar YouTube Mba Iya Channel, dilansir BrilioFood pada Senin (30/1).

(brl/tin)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya