Tanpa bahan apapun, begini trik mudah mengusir semut dan kutu di beras

Tanpa bahan apapun, begini trik mudah mengusir semut dan kutu di beras
YouTube/Muji Rahayu Ningsih

Brilio.net - Beras termasuk jenis biji-bijian yang tidak bisa lepas dari hama. Saat masih ditanam maupun telah dipanen, beras pun bisa dikerubungi berbagai macam hama. Dalam hal ini, semut dan kutu jadi hama yang paling sering mengontaminasi beras yang sudah dipanen dan disimpan.

Hal ini terjadi akibat kandungan kalori pada beras yang membuat semut berdatangan. Sedangkan kutu sendiri muncul karena tertarik dengan suhu di dalam tumpukan beras yang cenderung lembap dan gelap. Tempat seperti inilah yang kemudian membuat semut dan kutu bersarang atau bahkan bertelur di dalam beras.

Sebelum semakin berkembang biak, kamu harus segera membasmi hama-hama tersebut. Biasanya, sejumlah orang akan memberi beberapa bahan tambahan seperti rempah untuk mengusir kutu tersebut. Atau bisa juga dengan memancing semut pakai air gula supaya bisa keluar dari tumpukan beras.

Selain dengan cara tersebut, sebenarnya ada metode yang lebih mudah dan efektif dalam mengusir semut dan kutu ini, lho. Cara ini pernah dibagikan oleh warganet bernama Muji Rahayu Ningsih melalui channel YouTube pribadinya. Di video tersebut, dia mulanya mengeluh tentang kondisi beras ketan yang baru saja dia beli.

Tanpa bahan apapun, begini trik mudah mengusir semut dan kutu di beras

foto: YouTube/Muji Rahayu Ningsih

"Kemarin saya membeli beras ketan hitam. Setelah sampai di rumah, ternyata banyak kutu dan semutnya," ungkap YouTube Muji Rahayu Ningsih, dikutip BrilioFood pada Selasa (14/3).

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya