Tanpa diberi tepung, ini cara praktis goreng lele agar minyak tidak meletup

Tanpa diberi tepung, ini cara praktis goreng lele agar minyak tidak meletup
TikTok/@melki.mdiani__

Brilio.net - Ikan sering jadi lauk andalan karena rasanya enak dan mudah dibuat. Ikan juga dipercaya mengandung banyak nutrisi yang bagus untuk meningkatkan kesehatan, lho. Dilansir dari doh.wa.gov, ikan mengandung omega-3, mineral, protein, dan lain-lain. Bahkan, para ahli di The American Heart Association merekomendasikan untuk mengonsumsi ikan setidaknya dua kali dalam seminggu.

Kreasi dan jenis ikan ada beragam, ada bawal, nila, gurame, hingga lele. Nah, lele sendiri tergolong cukup berbeda dengan ikan lainnya. Lele terkenal punya kumis dan bentuknya pun ramping panjang. Lele goreng praktis banget untuk dimasak di rumah. Lele bisa diberi bumbu terlebih dahulu, kemudian langsung digoreng sampai matang.

Tapi, lele kalau goreng identik sering sekali bikin minyak meledak-ledak atau meletup, lho. Belum lagi, lele termasuk salah satu ikan yang punya banyak lendir di tubuhnya. Makanya jika tak berhati-hati saat menggorengnya, bisa-bisa wajah atau tangan terkena cipratan minyak. Kendati begitu, jangan khawatir, minyak yang meletup saat menggoreng lele ini bisa dihindari dengan sejumlah cara, lho.

Misalnya, dengan menambahkan tepung terigu, tepung maizena, jahe, maupun asam Jawa ke dalam penggorengan sebelum memasukkan lele. Di samping itu, ada pula trik lainnya biar minyak nggak meletup saat goreng lele meski tanpa tambahan bahan apapun. Trik ini sempat dibagikan oleh salah satu warganet bernama Melki lewat unggahan di TikTok, lho.

"Tips goreng ikan biar ga meletus di awal masuk," tulis Melki di unggahan TikTok/@melki.mdiani__, dikutip BrilioFood pada Selasa (3/1).

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya