Tanpa digoreng lagi, ini cara mengatasi peyek melempem agar renyah kembali

Tanpa digoreng lagi, ini cara mengatasi peyek melempem agar renyah kembali
YouTube/atiya taiwan

Brilio.net - Selain kerupuk, rempeyekatau peyek juga sering diandalkan sebagai pelengkap makan. Rasanya yang gurih dan sedap bisa bikin nafsu makan semakin meningkat. Selain itu, teksturnya yang super renyah juga bikin siapa saja ketagihan.

Namun berbeda dari kerupuk, rempeyek ini dibuat dari adonan tepung beras yang dicampur dengan bumbu dan rempah. Biasanya ada tambahan bahan seperti kacang tanah, teri, udang, dan daun jeruk untuk menambah cita rasa rempeyek. Lantas setelah dicampur, adonan rempeyek bisa langsung digoreng tanpa perlu dijemur seperti halnya kerupuk pada umumnya.

Karena terbuat dari tepung beras, adonan ini bisa menghasilkan rempeyek yang sangat tipis. Oleh karena itu, hasilnya pun renyah dan krispi. Cocok banget deh disantap sebagai pelengkap makan atau camilan.

Kerenyahan rempeyek pun dapat bertahan lama, tergantung dengan adonan yang diracik. Namun seperti kerupuk pada umumnya, tingkat kerenyahan ini bisa menurun setelah berhari-hari, lho. Terlebih jika rempeyek tidak disimpan di tempat yang tepat.

Hal inilah yang kemudian kerap jadi masalah banyak orang. Termasuk masalah yang dialami oleh pengguna YouTube bernama atiya. Melalui channel YouTube atiya taiwan, dia mengaku rempeyek miliknya sudah melempem ketika disimpan.

"Ini aku udah bikin peyek tiga hari yang lalu, tapi aku bungkusnya kurang rapet. Jadi, peyekku melempem. Ini aku remas-remas, udah nggak ada suaranya," terang atiya.

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya